FOBI Sumsel Gelar Kejuaraan Barongsai 2023, Ketua : Ini Persiapan PON Tahun Depan

FOBI Sumsel Gelar Kejuaraan Barongsai 2023, Ketua : Ini Persiapan PON Tahun Depan

FOBI Sumsel Gelar Kejuaraan Barongsai 2023, Ketua : Ini Persiapan PON Tahun Depan-Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumsel menggelar Kejuaraan Barongsai tingkat Sumsel tahun 2023, di Atrium Palembang Trade Center (PTC) Mall pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Ketua Pengprov Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumsel, Simon Wangdra menjelaskan kejuaraan Barongsai tingkat Sumsel tahun 2023 juga merupakan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun depan. 

"Jadi kejuaraan atau lomba kita ini diikuti oleh 10 sarana atau tim. Tujuannya kita melihat siapa yang terbaik antara mereka di Sumsel ini kemudian akan kita persiapkan kemungkinan untuk PON tahun depan mewakili Sumsel," jelasnya kepada awak media. 

Lanjut Simon, tujuan lainnya dari kejuaraan barongsai tersebut bukan hanya mencari pemenang saja yang disiapkan untuk kejuaraan tingkat berikutnya. 

BACA JUGA:Disdik Umumkan Jam Belajar Tetap Pukul 09.00 WIB, Kadin: Kabut Asap Masih Tebal, SE 27 Oktober Ditunda

Melainkan, tujuan terpenting ialah mensosialisasikan barongsai agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. 

"Kita ingin sosialisasikan Barongsai agar lebih dikenal luas oleh masyarakat sehingga diharapkan anggota sasana tetap semangat melestarikan Barongsai ini," tuturnya. 

Kendati itu, Simon menyebutkan pihaknya menyiapkan uang penghargaan untuk pemenang dengan total Rp 25.000.000.

"Hadiahnya tunai pertama delapan juta, kedua lima juga, dan ketiga dapat tiga juta. Juara harapan juga ada tiga orang dapat uang pembinaan juga. Penilaian mulai dari kostum, gerak, variasinya, dan sebagainya. Kita harap para sasana dapat aktif sehingga kita bisa menggelar terus kejuaraan nantinya," tutupnya. 

BACA JUGA:Genap 11 Tahun, RS Siloam Sriwijaya Berkomitmen Membangun Pelayanan Kesehatan Lebih Baik Lagi

Sementara, Wakil Ketua I KONI Sumatera Selatan, Denny Zainal mengatakan Barongsai merupakan olahraga asli dan ciri khas dari negeri Tiongkok.

"Namun keberadaannya kini bukan lagi untuk kelompok atau golongan tertentu saja, melainkan keberadaan sudah diakui secara nasional, dan dapat dimainkan oleh siapa pun," katanya. 

Menurut Denny, hal ini dibuktikan dengan kejuaraan Barongsai akan ada pada PON tahun depan. Selain itu masyarakat menyukainya. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Muslimat NU Sumsel Dukung Penuh Lima Program Prioritas Pemprov Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: