Kakanwil Kemenkumham Babel Ikuti Arahan Dirjen Kekayaan Intelektual Pada Rakornis KI

Kakanwil Kemenkumham Babel Ikuti Arahan Dirjen Kekayaan Intelektual Pada Rakornis KI

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto ikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kinerja Program Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang Kekayaan Intelektual, Jumat 27 Oktober 2023.--

JAKARTA, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham), Fajar Sulaeman Taman, ikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kinerja Program Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang Kekayaan Intelektual yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), di Shangri-La Hotel Jakarta, Jumat 27 oktober 2023.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Min Usihen menyampaikan, Rakornis merupakan upaya untuk mengevaluasi kinerja di tahun 2023 dan juga untuk memastikan Target Kinerja (Tarja) Kementerian Hukum dan HAM berjalan baik melalui monitoring secara berkala.

Min menyampaikan, ke-33 Kanwil Kemenkumham se-Indonesia telah memberikan pengabdian dan kinerja terbaik bagi layanan publik Kemenkumham, khususnya layanan Kekayaan Intelektual (KI). 

Selama periode 1 Januari-26 Oktober 2023, terdapat 204.544 permohonan KI. Jumlah ini meningkat 17,26% bila dibandingkan periode yang sama tahun 2022 sebanyak 174.443 permohonan.

BACA JUGA:Jajaran Kemenkumham Babel Ikuti Upacara Sumpah Pemuda, Ini Pesan Menpora

Disampaikan Min, Menteri Hukum dan HAM, Prof. Yasonna H. Laoly memberikan apresiasi atas kinerja layanan Kekayaan Intelektual.

Ia berharap apresiasi tersebut dapat menjadi pemicu dan energi baru untuk meningkatkan kinerja layanan Kekayaan Intelektual di wilayah.

Dirjen KI, Min Usihen mengatakan, tahun 2024, akan menjadi Tahun Indikasi Geografis (IG). Ia berharap peran serta seluruh Kanwil Kemenkumham untuk menyukseskan sejumlah target kinerja yang dirancang pada tahun 2024.

Diantaranya, mempercepat pertumbuhan permohonan Indikasi Geografis dan One Village One Brand (OVOB) di wilayah melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah, Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) dan stakeholder terkait.

BACA JUGA:Pemuda Israel Tetap Menolak Wajib Militer Meski Sudah 3 Kali Masuk Penjara, Hari Ini Mereka Masuk Penjara Lagi

Min Usihen juga menyampaikan agar Kantor Wilayah mepersiapkan Pencanangan Kawasan Karya Cipta 2024 dengan Aksi Inventarisasi Komunitas Seni, Pekerja Seni, Konten Kreator, dan Penulis Buku.

Serta menyelenggarakan kegiatan konsultasi teknis terkait pemanfaatan informasi paten bagi kalangan Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang, serta melakukan Sertifikasi Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual.

“Mari bersama-sama bergandeng tangan bekerja cerdas, keras, ikhlas, dan tuntas mewujudkan layanan Kekayaan Intelektual  berkelas dunia,” harap Min.

Kakanwil Harun Sulianto mengatakan, Kanwil Kemenkumham Babel berhasil meraih Penghargaan Terbaik I atas Peningkatan Persentase Permohonan Kekayaan Intelektual pada Oktober 2022-2023, dengan kenaikan sebesar 216,22%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: