Nobar Film Kejarlah Janji, KPU Banyuasin Sosialisasi Pemilu Serta Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Nobar Film Kejarlah Janji, KPU Banyuasin Sosialisasi Pemilu Serta Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Salah satu bentuk sosialisasi pemilu dan pendidikan politik bagi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuasin menggelar nonton bareng (nobar) Film "Kejarlah Janji”, Minggu 22 Oktober 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah, Kecamata--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Salah satu bentuk sosialisasi pemilu dan pendidikan politik bagi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyuasin menggelar nonton bareng (nobar) Film "Kejarlah Janji”, Minggu 22 Oktober 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah, Kecamatan Sembawa.

"Iya kita nobar Film "Kejarlah Janji" bersama ratusan santri," kata Ketua KPU Banyuasin Nurul Mubarok didampingi Bahrial Syah anggota KPU Divisi Humas dan Parmas Banyuasin dan anggota KPU divisi perencanaan, data dan informasi Ricky Oktadinata, M.H.

Kegiatan nonton bareng Film “Kejarlah Janji” merupakan program KPU Goes To Pesantren dan Kampus, dalam rangka memperingati Hari Santri 22 Oktober dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

"Ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Pemilu dan pendidikan politik bagi pemilih pemula maupun pemilih muda,"bebernya.

BACA JUGA:HUT Kota Prabumulih, Ribuan Warga Pungut Sampah hingga Ikut Senam ‘Berhadiah’

Ia menambahkan pemilih pemula merupakan pemilih yang baru kali pertama akan menggunakan hak pilihnya pada penyelenggaraan pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Sedangkan untuk kelompok pemilih yang berada di perguruan tinggi dan pesantren, merupakan salah satu kelompok strategis dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Lebih lanjut ia menerangkan film yang diluncurkan pada 15 September 2023 lalu itu menjadi sarana KPU dalam berkomunikasi dengan pemilih untuk pendidikan pemilih.

Tentunya pihaknya sebagai penyelenggara berharap dengan film ini dapat membawa pesan kedamaian untuk Pemilu 2024 mendatang, dan juga pendidikan politik bagi para santri yang merupakan calon pemimpin masa depan.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Peringati Hari Santri, Kiyai dan Santri di Kabupaten OKI Gelar Sholat Istighosah dan Doa Bersama

Berdasarkan data KPU, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Banyuasin tercatat sebanyak 625.988 dengan rincian mata pilih perempuan 307.094 dan laki laki 318.894 yang berasal dari 21 kecamatan dan 313 desa/kelurahan.

"9,7 persen atau 60.882 adalah pemilih pemula," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Banyuasin sendiri terdapat lima kategori usia dan generasi jumlah pemilih dalam pemilihan umum Tahun 2024 di Kabupaten Banyuasin mendatang. 

Pertama kategori lansia dengan usia 75 tahun ke atas, dengan jumlah mata pilih 13.951 orang, kedua kategori Baby boomers untuk usia 57 tahun sampai 75 tahun ke atas dengan jumlah mata pilih mencapai 94.899 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: