Minum Air Es Terlalu Sering Bisa Bikin Gemuk, Benarkah? Ini Faktanya

Minum Air Es Terlalu Sering Bisa Bikin Gemuk, Benarkah? Ini Faktanya

Air es yang disebut bisa bikin gemuk.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, dimana kemungkinan cuaca panas terik akan seringkali terjadi. 

Rasa haus dan dahaga pastinya akan terjadi disaat cuaca sedang panas terik. Menghilangkannya sebagian orang minum air es, dimana seketika membuat kerongkongan segar.

Tapi pernahkah mendengar bahwa diet atau menurunkan berat badan seringkali dianjurkan agar tidak mengonsumsi minuman dingin atau air es, karena bisa menjadi menenyebabkan berat badan naik. Benarkah?

Nah hal tersebut bahkan sudah dipercaya sebagian orang dan diyakini bahwa sering mengkonsumsi air dingin bisa menjadi penyebab naiknya berat badan.

BACA JUGA: Hati-Hati! Ini Ciri-Ciri Es Teh yang Sebaiknya Tak Dibeli Menurut BPOM RI

Tapi perlu digaris bawahi jika air dingin yang dimaksud adalah air mineral biasa tanpa tambahan gula atau apapun. Maka sudah sepantasnya buang jauh-jauh kepercayaan tersebut karena tentu salah dan air mineral tidak akan menyebabkan berat badan seseorang bertambah.

dr.Nadia Octavia, salah seorang dokter yang cukup terkenal menjelaskan bahwa air mineral atau air putih biasa tidak mengandung kalori sama sekali, jadi sebanyak apapun seseorang mengkonsumsinya tidak akan memperngaruhi proporsi tubuh.

Jadi tubuh memiliki suhu inti sebesar 37 derajat celsius. Dimana jika makanan dan minuman yang masuk entah itu dingin maupun panas dalam tubuh seseorang maka makanan atau minuman tersebut otomatis berubah menjadi suhu tubuh netral.

Seperti contohnya untuk mengubah 500 ml air dingin maka tubuh akan memerlukan 17 kalori.

BACA JUGA:Sering Dikira Tanaman Pengganggu, Ini 10 Manfaat Ampuh Daun Binahong Bagi Kesehatan

Tetapi beda halnya jika yang dikonsumsi adalah minuman yang mengandung unsur lain seperti soda, jus, teh atau minuman lainnya yang mengandung gula atau teman-temannya.

Disarankan untuk berhati-hati dengan kandungan kalori contohnya pada minuman kaleng bersoda yang mengandung hingga 150 kalori yang bahkan bisa merenggut batas kalori harian seseorang.

Kemudian untuk satu gelas jus jeruk saja sudah bisa mengandung hampir 40 kalori.

Jadi jika mengkonsumsi minuman ini bersamaan dalam satu hari atau dengan jeda yang tidak lama kemungkinan kalori yang masuk sama dengan jumlah kalori dalam semangkuk nasi makan siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: