Peduli Permainan Tradisional, PALI Agendakan Lomba Setiap Tahun

Peduli Permainan Tradisional, PALI Agendakan Lomba Setiap Tahun

Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM akan menggelar lomba permainan tradisional setiap tahun bersamaan dengan rangkaian festival Candi Bumi Ayu. Foto: Heru/sumeks.co --

PALI, SUMEKS.CO - Upaya menggali serta melestarikan permainan tradisional khas Bumi Serepat Serasan, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr Ir H Heri Amalindo MM akan menggelar lomba permainan tradisional setiap tahun bersamaan dengan rangkaian festival Candi Bumi Ayu. 

Hal itu dilakukan Bupati PALI DR Ir H Heri Amalindo MM sebagai bentuk kepeduliannya sebagai pimpinan daerah, agar daerah baru berusia 10 tahun itu mempunyai ciri khas serta permainan rakyat yang telah menjadi tradisi tidak punah.

Hal itu diungkapkan, Bupati PALI DR Ir H Heri Amalindo MM melalui, Sekda Kartika Yanti SH MH saat membuka lomba permainan tradisional di Pelataran Candi Bumi Ayu, Rabu 18 Oktober 2023.

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan Pemkab PALI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bekerja sama dengan Orginisasi Wilayah Ikatan Cindiakiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten PALI atas inisiasi Bupati PALI.

BACA JUGA:PALI Jadi Kabupaten yang Pertama Rancang Desain Olahraga Daerah di Sumsel

"Lomba permainan tradisional ini merupakan wujud kepedulian pak Bupati dalam mengangkat kembali juga melestarikan permainan rakyat yang saat ini mulai ditinggalkan karena perubahan jaman," ungkap Sekda.

Agar kegiatan lomba permainan tradisional sukses, Sekda mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi. 

"Saya mengajak kepada masyarakat PALI untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik menjadi peserta maupun meramaikannya agar banyak warga di luar PALI bisa lebih mengenal kabupaten kita ini," imbuhnya. 

Dengan gelaran lomba permainan tradisional, Sekda PALI berharap selain menjadi hiburan rakyat PALI juga menjadi salah satu daya tarik warga luar kabupaten untuk berkunjung. 

BACA JUGA:Kabupaten PALI Tambah Pundi Medali Emas di Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Keren!

"Banyak manfaat dengan digelarnya kegiatan ini, salah satunya bisa jadi hiburan rakyat dan bisa mengangkat sektor wisata di kabupaten PALI," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar PALI Novita Febrianti mengatakan, bahwa lomba permainan tradisional merupakan rangkaian dari Festival Candi Bumi Ayu yang diselenggarakan mulai tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023. 

"Kegiatan ini kerjasama antara Pemkab dengan ICMI kabupaten PALI. Dan akan rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk festival Candi Bumi Ayu sendiri rencananya akan dibuka langsung pak Bupati pada Kamis besok," katanya.

Adapun  pada lomba permainan tradisional, Novi menyatakan diikuti puluhan peserta dari 5 Kecamatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: