Didanai 8 Bank, Pabrik Pusri-IIIB di Palembang Siap Masuki Tahap Pembangunan dengan Teknologi Low Energy

Didanai 8 Bank, Pabrik Pusri-IIIB di Palembang Siap Masuki Tahap Pembangunan dengan Teknologi Low Energy

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) merealisasikan Pembangunan Proyek Pabrik Pusri IIIB dengan dilaksanakannya Penandatanganan Perjanjian Kredit Pendanaan dan Engineering Procurement Construction (EPC) Proyek Pusri IIIB di The Langham Hotel, Jakarta, Ju--

JAKARTA, SUMEKS.COPT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), merealisasikan Pembangunan Proyek Pabrik Pusri IIIB dengan dilaksanakannya Penandatanganan Perjanjian Kredit Pendanaan dan Engineering Procurement Construction (EPC) Proyek Pusri IIIB di The Langham Hotel, Jakarta, Jumat 13 Oktober 2023.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pusri, Tri Wahyudi Saleh, disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi.

Dari Pihak Bank diwakili oleh Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI, Sis Apik Wijayanto dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Susana Indah K. Indriati. 

Pendanaan Proyek Pusri-IIIB ini dilakukan melalui mekanisme Sindikasi yang terdiri dari 8 BUMN dan Swasta, yaitu BNI, Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jabar Banten (BJB), dan Bank Sumsel Babel (BSB).

BACA JUGA:Video Pasukan Hamas Gendong Bayi Israel, Memberi Makan dan Goyang Ayunan ‘Tampar’ Fitnah Keji Media Barat

Total nilai Kredit Investasi (KI) yang digelontorkan adalah sebesar Rp. 9.317 triliun dan  nilai proyek Pembangunan Pusri-IIIB sebesar USD 670.251.271 atau setara Rp.10,52 Triliun (Kurs 15.702 per 13 Oktober 2023)

Pusri menunjuk BNI & Bank Mandiri sebagai Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner (JMLAB) untuk selanjutnya bertindak sebagai Koordinator dalam pembentukan Fasiltas Kredit Sindikasi untuk pendanaan Proyek Pusri-IIIB.

Kedua Bank tersebut bertanggungjawab untuk berkoordinasi dengan bank lain dan bertindak sebagai Mandated Lead Arranger (“MLA”) atau sebagai participant, memberikan data dan informasi yang terkait dengan rencana pembentukan kredit dan kondisi Pusri secara umum kepada bank lain.

JMLAB juga telah menunjuk BCA & BRI sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) Pendanaan Sindikasi Proyek Pusri-IIIB. 

BACA JUGA:Ronaldo Cetak 2 Gol Portugal Lolos Final Piala Eropa dengan Poin ‘Sempurna’, CR7 Ukir Rekor 125 Gol Timnas

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi menyatakan bahwa Pupuk Indonesia dan anak usahanya memiliki komitmen kuat dalam mendukung ketahanan pangan dan perekonomian nasional.

Menurut Rahmad, revitalisasi Pusri IIIB akan memanfaatkan teknologi produksi terbaru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kehandalan produksi pupuk. 

“Kami menyambut baik para pihak bank BUMN maupun swasta yang berkomitmen mendanai proyek revitalisasi proyek ini. Dengan begitu, pabrik Pusri-III dan IV yang lama akan digantikan dengan pabrik Pusri IIIB dengan teknologi baru. Sehingga dapat meningkatkan operational excellence,” ungkap Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: