Persiapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengendarai Sepeda Motor, Biar Aman Selama di Jalan

Persiapan yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengendarai Sepeda Motor, Biar Aman Selama di Jalan

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Tingkat kecelakaan lalu lintas pengendara sepeda motor di Indonesia terbilang sangat tinggi dibandingkan kendaraan roda empat. 

Ada beberapa faktor yang berpotensi menjadi penyebab kecelakaan, meliputi faktor emosional, kondisi lingkungan, dan kondisi kendaraan.

Risiko kecelakaan meningkat terutama pada pagi hari antara pukul 06.00 - 08.00 WIB ketika jalan raya sangat ramai oleh orang-orang menuju tempat kerja atau sekolah, serta pada sore hari antara pukul 15.00 - 18.00 WIB ketika orang-orang kembali ke rumah setelah aktivitas.

Data dari Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia menunjukkan korban kecelakaan sepeda motor per hari di Indonesia pada tahun 2023 lebih tinggi dibandingkan tahun 2022. 

BACA JUGA:Siap-siap Terpesona! Suzuki Burgman 400 Akan Menggebrak Pasar Otomotif Tanah Air

Meskipun sebagian besar korban dalam kasus kecelakaan adalah luka ringan, rasio kematian korban kecelakaan sepeda motor pada tahun 2023 mencapai 17 - 22%. Artinya, setidaknya dalam setiap 5 kasus kecelakaan sepeda motor, terdapat 1 kematian.

Dalam menghadapi situasi ini, Suzuki mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu siap sedia saat berkendara. 

Ada beberapa langkah yang dapat diambil pengendara untuk menjaga keselamatan sebelum memulai perjalanan dengan sepeda motor seperti dilansir laman suzuki.co.id : 

1. Pastikan Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

BACA JUGA:Suzuki Hadirkan Nex II Cross Skutik Adventute, Bersaing dengan Yamaha X-Ride dan Honda BeAt Street

Ketika menggunakan sepeda motor, seringkali orang mengabaikan perlengkapan keselamatan yang penting. 

Padahal, perlengkapan ini sangat penting untuk melindungi tubuh pengendara dari potensi bahaya. 

Salah satunya adalah memastikan menggunakan helm sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dirancang untuk melindungi kepala.

Selain itu, penting juga untuk mengenakan jaket, sarung tangan, sepatu yang nyaman, dan perlengkapan keselamatan lainnya guna menjaga diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: