10 Tanda Kiamat Versi Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, Nomor 3 Sudah Terjadi Saat Ini

10 Tanda Kiamat Versi Ulama Ahlussunnah Wal Jamaah, Nomor 3 Sudah Terjadi Saat Ini

--

SUMEKS.CO - Kiamat merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi. Namun, sebelum terjadi hari kehancuran dunia itu ada beberapa tanda yang akan Allah tampakkan.

Salah satu rukun iman yang harus diyakini umat Islam yakni datangnya hari kiamat. Ya, kiamat cepat atau lambat pasti akan terjadi.

Kendati, tak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Bahkan, Nabi Muhammad SAW tak mengetahui kepastian datangnya hari akhir itu.

Namun, Allah SWT telah memberikan gambaran tentang tanda kiamat. Termasuk, banyak tanda kiamat yang dijelaskan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Naudzubillah! Kobaran Api Kepung Penduduk Negara Barat, Disebut Sebagai Tanda Kiamat, Benarkah?

Hal tersebut juga telah banyak disampaikan dalam beberapa kitab hadist. Seperti halnya tanda kiamat yang dijelaskan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

Dalam Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah, KH Hasyim Asy'ari menerangkan terdapat 10 tanda kiamat menurut beberapa hadist Nabi Muhammad SAW.

1. Tidak Ada Tolong Menolong dalam (urusan) Agama.

Hal itu merupakan (makna) sabda Nabi Muhammad SAW:

BACA JUGA:Amalkan Ini, 8 Cahaya Akan Mengelilingi Manusia Pada Hari Kiamat, KH Maimun Zubair: Wajah Bersinar Terang

"Akan datang kepada manusia suatu masa di mana orang yang sabar di antara mereka terhadap agamanya bagaikan orang yang menggenggam bara api," (HR. At-Tirmidzi dari Anas bin Malik ra).

2. Banyak Ahli Ibadah Bodoh dan Ahli Baca Al Quran yang Fasik

Tanda tersebut terdapat dalam hadis:

“Pada akhir zaman kelak akan ada banyak ahli ibadah yang bodoh dan ahli qiroat (pembaca Al-Qur’an) yang fasik. (diriwayatkan dari Anas ra oleh Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliyaa dan juga Al-Hakim dalam Al-Mustadrak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: