Intip Profil Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni, Punya Pengalaman Jabat Berbagai Posisi Penting

Intip Profil Pj Gubernur Sumsel Dr Agus Fatoni, Punya Pengalaman Jabat Berbagai Posisi Penting

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Dr Agus Fatoni baru saja resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), usai dilantik oleh Kemendagri Tito Karnavian, di Kantor Kemendagri pada Selasa, 2 Oktober 2023.

Sosok Dr Agus Fatoni merupakan seorang birokrat yang memiliki latar belakang pendidikan dan karier yang cemerlang.

Dilansir dari berbagai sumber, Dr Agus Fatoni, merupakan kelahiran Bahuga, Way Kanan, Provinsi Lampung, pada 6 Juni 1972.

Agus-begitu biasa disapa merupakan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan ke-3 pada tahun 1994. Karier awalnya dimulai sebagai ajudan Gubernur Lampung pada periode 1995-1997.

BACA JUGA:Agus Fatoni Resmi Jabat Pj Gubernur Sumsel, Dilantik Mendagri Tito Karnavian

Selanjutnya, Agus mengemban berbagai jabatan penting, termasuk Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri, Plt Sekretaris Fasilitasi Kerjasama, Sekretaris Korpri, Kepala Sekretaris Pribadi Mendagri, dan Kepala Bagian Protokol Kemendagri.

Selain itu, Agus Fatoni juga pernah menjabat sebagai Kepala Subdit Dana Bagi Hasil (DBH) pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Ditjen Bina Keuangan Daerah.

Tak hanya itu, Agus Fatoni juga memiliki pengalaman sebagai Kepala Seksi Otonomi Khusus Papua, Papua Barat, dan DIY, serta sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri.

Pada tahun 2020, Agus Fatoni ditunjuk sebagai Pjs Gubernur Sulawesi Utara menggantikan Olly Dondokambey selama cuti kampanye Pilkada Provinsi Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Agus Fatoni Jadi Pj Gubernur Sumsel? Begini Komentar Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati

Sosok Agus merupakan pribadi yang baik dan gemar kunjungan ke berbagai wilayah. Termasuk sering melakukan kunjungan ke Sumatera Selatan.

Untuk riwayat pendidikan, Agus Fatoni menempuh pendidikan dari tingkat dasar hingga SMA di Lampung, dengan menyelesaikan SDN 1 Sukabumi, Bahuga, Kabupaten Waykanan pada tahun 1985.

Kemudian SMPN Bahuga, Kabupaten Waykanan pada tahun 1988, dan SMAN 1 Tanjungkarang, Bandar Lampung pada tahun 1991.

Setelah lulus dari SMA, Agus melanjutkan pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, di mana dia berhasil menyelesaikan program D3 pada tahun 1994.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Dilantik 2 Oktober, Bareng Pj Gubernur Kaltim, HD-MY dan Kada di Sumsel Semua Diundang

Agus Fatoni juga meraih gelar sarjana (S1) di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) pada tahun 1999, serta gelar magister (S2) dan doktor (S3) dalam Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada tahun 2003 dan 2009.

Dalam perjalanan kariernya, Agus Fatoni juga memegang berbagai posisi penting sebagai berikut :

  1. Kepala Staf Pribadi Mendagri.
  2. Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas, dan Cukai pada Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri.
  3. Kepala Seksi Provinsi Papua dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri.
  4. Pjs Gubernur Sulawesi Utara.
  5. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri.
  6. Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri.
  7. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri.
    Sekretaris Kopri Unit Kemendagri.
  8. Kepala Bagian Protokol Kemendagri.

Itulah profil dan riwayat pendidikan serta karis Dr Agus Fatoni, yang sekarang menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan. Agus akan bertugas hingga terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel pada Pemilu 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: