PDAM Tirta Prabujaya Berkolaborasi dengan BPBD, Bantu Masyarakat yang Kekeringan

PDAM Tirta Prabujaya Berkolaborasi dengan BPBD, Bantu Masyarakat yang Kekeringan

Direktur PDAM Tirta Prabujaya, Fajar C Ardhana ST MSi. Foto: dokumen/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Kemarau panjang yang terjadi saat ini, membuat sejumlah warga kota PRABUMULIH kesulitan air bersih. 

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Prabumulih dan juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya, rutin memberikan bantuan air kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Kendati demikian, karena keterbatasan mobil tangki dan SDM yang ada, untuk saat ini pemerintah hanya memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengusulkan secara berkelompok.

Direktur PDAM Tirta Prabujaya, Fajar C Ardhana ST MSi menyebutkan, saat ini pihaknya kewalahan memberikan bantuan air bersih kepada warga. 

BACA JUGA:Kemarau Melanda, Sumur Warga Alami Kekeringan, Anggota TNI Bantu Pembuatan Sumur Bor

"Sebab armada (mobil tangki) yang kami miliki cuma 2 unit. Itupun digunakan untuk melayani pemesanan air bersih komersil," sebutnya.

Lebih lanjut, pria penghobi tanaman bonsai itu menyebutkan, perharinya pihaknya hanya sanggup memberikan bantuan air bersih sebanyak 2 tangki. 

"Selain keterbatasan mobil tangki, kita juga terus berupaya menekan pengeluaran. Sebab operasional sekarang sudah cukup besar, kalau semua permintaan bantuan kita berikan tentunya tidak dapat menutup biaya operasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pria hitam manis itu juga menuturkan, untuk memenuhi permintaan bantuan air yang diusulkan oleh masyarakat pihaknya telah bekerjasama (berkolaborasi) dengan BPBD Kota Prabumulih. 

BACA JUGA:Musim Kemarau, PT Tel Distribusikan Bantuan Air Bersih ke Desa-Desa

"Nantinya masyarakat mengusulkan bantuan air bersih kepada BPBD, dan BPBD mengambil air ke kita. Sekarangkan BPBD telah mendapat bantuan pinjaman mobil tangki dari balai yang digunakan untuk menyalurkan bantuan air bersih, jadi kita berkolaborasi," kata Fajar.

Terpisah, Kalaksa BPBD Kota Prabumulih, Sriyono SH melalui Sekretaris BPBD Kota Prabumulih, Roy Tauhid membenarkan pihaknya telah menerima pinjaman berupa 2 unit mobil tangki air. 

"Mobil ini kami manfaatkan untuk memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat, yang mengalami kekeringan," kata Roy Tauhid. 

Dengan adanya bantuan air bersih tersebut pihaknya berharap masyarakat dapat terbantu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: