WAW! Bukit Siguntang Mahameru adalah Patahan Puncak Gunung Semeru Diboyong ke Palembang

WAW! Bukit Siguntang Mahameru adalah Patahan Puncak Gunung Semeru Diboyong ke Palembang

Taman wisata Bukit Siguntang Palembang.--

SUMEKS.COSIGUNTANG MAHAMERU sebuah dataran tanah tertinggi di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ketinggian bukit ini lebih kurang 30 meter dari permukaan laut dengan luas lebih kurang 13 hektar. 

Bukit Siguntang Mahameru persis berada di kota Palembang. Sekitar 4 kilometer arah utara dari Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS). Atau sekitar 5 kilometer arah utara dari Sungai Musi.

Bukit Siguntang Mahameru memiliki peran penting dalam kehidupan dan perkembangan Kota Palembang. Ini pula melatarbelakangi kekeramatan atau kesakralan Bukit Siguntang Mahameru.  

Tanah ini begitu dikeramatkan, sejak dulu hingga sekarang, banyak masyarakat yang datang ke bukit ini untuk berziarah, berdoa, dan bayar nazar. 

BACA JUGA:Bersama Forkopimda, Kapolda Sumsel Ikuti Apel Kehormatan Renungan Suci di TMP Ksatria Ksetra Siguntang

Mereka beranggapan ada kekuatan magis dari lokasi ini. Maklum dilokasi ini banyak petilasan para raja-raja Sriwijaya. Diantaranya Raja Segentar Alam dan para panglimanya.

Dalam buku sejarah Melayu, Sulalat al-Salatin atau Sulalatus Salatin (Penurunan Segala Raja-raja) karya Perdana Menteri Kesultanan Johor Tun Sri Lanang pada 13 Mei 1612. 


Taman wisata Bukit Siguntang Palembang.--

Dalam buku itu, Bukit Seguntang Mahameru atau Bukit Siguntang di Palembang merupakan lokasi penting yang menjadi titik Melayu bermula sebelum menyebar ke seluruh Sumatera, Kalimantan, hingga Semenanjung Malaysia.

”Alkisah maka tersebutlah perkataan ada sebuah negeri di tanah Andalas, Palembang namanya, Demang Lebar Daun nama rajanya. Asalnya daripada anak cucu Raja Syulan juga. Muara Tatang nama sungainya. Maka di hulu Muara Tatang itu ada sebuah sungai, Melayu namanya. Dalam sungai itu ada sebuah bukit, Seguntang Mahameru namanya.”

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Ksatria Ksetra Siguntang

Muncul pertanyaan, apa hubungan Siguntang Mahameru dengan Puncak Mahameru yang menjadi puncak tertinggi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Terkait hal ini banyak versi cerita bermunculan di masyarakat: 

Ada cerita menyebutkan bahwa Bukit Siguntang adalah patahan dari puncak Mahameru Gunung Semeru, Jawa Timur. Puncak ini sengaja dipindahkan oleh kekuatan Maha dasyat dan dibawah ke Palembang. Patahan ini menjadi tempat bersemayamnya para arwah para raja-raja terdahulu dan para dewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: