Sama-Sama Lembaga Intelijen Indonesia, Ini Perbedaan BIN dan BAIS TNI

  Sama-Sama Lembaga Intelijen Indonesia, Ini Perbedaan BIN dan BAIS TNI

Logo BIN dan BAIS TNI.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI sama-sama mengemban misi intelijen dan merupakan lembaga intelijen Indonesia.

Meskipun memang sama-sama mengemban tugas dan misi intelijen namun ada perbedaan dan tanggung jawab diantara kedua lembaga ini.

Perlu diketahui bahwa lembaga intelijen diatur dalam UU NO. 17 tahun 2011 tentang peran, tujuan, fungsi, dan ruang lingkup, penyelenggaraan intelijen negara, personel intelijen negara, kerahasiaan intelijen, badan intelijen negara, koordinasi intelijen negara, pembiayaan, pertanggungjawaban, dan pengawasan; dan ketentuan pidana.

Nah lantas apa hal yang membedakan antara lembaga intelijen BIN dan BAIS ini? Simak penjelasan berikut ini :

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Tentang Badan Inteligen Negara, Ini Penjelasannya

Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan lembaga pemerintah non kementrian yang ada dibawah dan bertanggung jawab langsung ke presiden.

Sementara itu Badan Intelijen Strategis (BAIS) merupakan organisasi yang khusus menangani intelijen kemiliteran dimana lembaga ini berada di bawah komando Markas Besar Tentara Nasional Indonesia.

BIN didirikan pada tahun 2001 yang ada dalam UU Nomor 17 Tahun 2001 tentang Intelijen Negara.

Nah untuk lembaga BAIS didirikan pada tahun 2016 yakni lewat Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2016 tentang Badan Intelijen Strategis.

BACA JUGA:Rahman Nudin, TNI Gadungan Warga Muara Enim Berhasil Diringkus Setelah Sempat Menipu Mantan Camat Pancoran Mas

Untuk ruang lingkup atau tugasnya BIN akan bertanggung jawab melindungi keamanan nasional, stabilitas politik, serta juga memberikan dukungan kepada pemerintah dalam mengambil keputusan yang dinilai strategis.

Sementara itu untuk BAIS bertugas mengumpulkan informasi yang strategis dan analisis intelijen yang berkaitan dengan keamanan nasional dan kepentingan nasional.

Kemudian untuk wilayah operasi lembaga BIN beroperasi diseluruh wilayah Indonesia dimana untuk BAIS sendiri akan ditetapkan wilayah operasinya oleh pemerintah.

Dalam menjalankan tiap tugasnya tentu lembaga ini memerlukan  struktur organisasi dimana dalam BIN pastinya memiliki struktur organisasi yang lebih kompleks dan terdiri dari beberapa direktorat yang mana sangat berbeda dengan BIAS yang memiliki struktur organisasi lebih sederhana dan terdiri dari beberapa divisi saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: