Apa Itu Kanker Darah? Penyakit yang Diderita Kombes Pol Agung Marlianto Peraih Adhi Makayasa 1998

Apa Itu Kanker Darah? Penyakit yang Diderita Kombes Pol Agung Marlianto Peraih Adhi Makayasa 1998

Almarhum Kombes Pol Agung Marlianto SIK MH --dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Kabar duka datang dari peraih Adhi Makayasa tahun 1998, Kombes Pol Agung Marlianto SIK MH yang meninggal dunia karena penyakit kanker darah stadium IV.

Kombes Pol Agung Marlianto, Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit MRCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Senin, 18 September 2023 dini hari.

Kanker darah dalam dunia kedokteran disebut leukimia. Umumnya, penderita yang sudah memasuki stadium IV memiliki kemungkinan kecil untuk disembuhkan kecuali masih dalam stadium dini.

Lantas bagaimana leukimia atau kanker darah bisa masuk ke tubuh manusia dan menjadi penyakit yang mematikan? 

BACA JUGA:Doakan Almarhum Kombes Pol Agung Marlianto, Polda Sumsel Gelar Salat Ghaib

Sel kanker merupakan sesuatu yang dapat merusak sel dan jaringan serta organ dalam tubuh yang sehat.

Sel kanker juga tumbuh dengan cepat, tidak terkendali bahkan dapat dengan mudah menyebar luas. Penting untuk dideteksi secepat mungkin untuk mencegah terjadinya gangguan pada kesehatan.

Tubuh manusia tersusun dari triliunan sel-sel yang seiring berjalannya waktu akan menua, rusak dan tidak berfungsi lagi.

Nah sel-sel yang sehat ini akan membelah diri untuk menggantikan beberapa sel  yang sudah rusak agar terus tumbuh dan menjalankan fungsinya.

BACA JUGA:Perjalanan Karir Almarhum Kombes Pol Agung Marlianto, Peraih Adhi Makayasa 1998

Tetapi sel-sel normal ini bisa saja berubah dan tumbuh tidak terkendali yang mana nantinya akan merusak sel-sel dan jaringan tubuh serta mengganggu fungsi kerja organ tubuh. Nah sel-sel yang tidak terkendali inilah yang disebut sebagai sel kanker.

Sampai saat ini penyebab pasti dari adanya pertumbuhan sel kanker ini masih belum diketahui pasti, namun pastinya ada faktor yang bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan terbentuknya sel kanker.

Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah faktor genetik atau keluarga kandung yang pernah menderita kanker, radikal bebas, peradangan kronis, infeksi virus serta pola hidup yang tidak sehat.

Leukimia atau kanker darah yang sudah memasuki stadium 4 artinya merupakan kanker stadium lanjut. Sudah memasuki kategori yang sudah tidak mungkin disembuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: