Kadivpas Kemenkumham Babel Ikuti Pembentukan Agen Informasi Pemasyarakatan

Kadivpas Kemenkumham Babel Ikuti Pembentukan Agen Informasi Pemasyarakatan

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung Sahata Marlen Situngkir.--

JAKARTA, SUMEKS.CO – Dalam rangka membangun citra positif pemasyarakatan, jajarannya ikuti kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan, Manajemen Komunikasi Krisis Pemasyarakatan, Bangun Citra dan reputasi Positif Pemasyarakatan untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia PASTI, di Novotel Mangga Dua Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Membuka kegiatan, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga mengatakan, setiap petugas pemasyarakatan berperan untuk menyampaikan informasi program dan hasil kinerja pemasyarakatan.

Bahkan, saat terjadi krisis, petugas pemasyarakatan juga harus mampu melakukan klarifikasi dan komunikasi.

Isu-isu krisis Pemasyarakatan berpotensi besar menggoyahkan kepercayaan publik terhadap Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Lengkapi Berkas Perkara, Dua Saksi Kasus Korupsi KONI Kembali Diperiksa Kejati Sumsel

Bahkan, berpengaruh terhadap citra dan reputasi Pemasyarakatan.

"Kita tidak bisa menghindari adanya pemberitaan negatif tentang Pemasyarakatan, apalagi tren viral dari platform media sosial,” ujar Reynhard, Senin 11 September 2023. 

Potensi terjadinya krisis yang tinggi di lingkup pemasyarakatan menjadikan tahun ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan memperkuat jajaran pemasyarakatan dalam manajemen komunikasi krisis pemasyarakatan.

Sepanjang tahun 2023 berlangsung, terdapat 103.954 berita positif pemasyarakatan yang telah terpublikasi melalui media.

BACA JUGA:Pelajar SMP Asal PALI Raih Juara Pertama Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Namun demikian, masih terdapat  berita negatif yang telah beredar di masyarakat yang dapat memantik krisis komunikasi di pemasyarakatan. 

Saya berikan apresiasi untuk seluruh jajaran pemasyarakatan yang tak lelah mempublikasian berita positif pemasyarakatan.

Khususnya pemangku fungsi kehumasan di seluruh satuan kerja. Kita patut beryukur dan berbangga hati kinerja positif kita semakin disadari dan dipahami masyarakat.

"Namun, masih adanya berita negatif menjadikan kita punya tanggung jawab untuk berkinerja baik dan mampu melalukan komunikasi pada situasi krisis,” tutur Reynhard. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: