Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnopedagogik Berbasis ICT

 Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnopedagogik Berbasis ICT

Dr Erna Retna Safitri MPd--dok : sumeks.co

Tidak sampai di situ saja, nilai budaya juga dikenalkan melalui ornamen khas sumatera Selatan. Bahan pengayaan yang kental dengan rasa berkearifan lokal. 

Lebih menarik adalah pengemasan media yang digunakan dengan berbasis teknologi membuat budaya tradisional dipelajari secara “modern” yang sesuai dengan karakter generasi milenial yang identik dengan karakter generasi digital native.

Dalam konteks yang lebih luas, penerapan pembelajaran yang berorientasi etnopedagogi ini adalah tantangan sekaligus langkah strategis. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan segala kemajemuk yang menakjubkan. 

Bagimana berbagai suku bangsa dan etnis yang tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda. Selain itu, globalisasi dan perkembangan teknologi dapat menyebabkan perubahan budaya pada masyarakat Indonesia. 

Jika pembelajaran berorientasi pada etnopedagogi tidak diterapkan sejak dini, maka masa yang akan datang globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat menggeser kearifan lokal dalam masyarakat. 

Integrasi teknologi dalam pendekatan etnopedagogik akan menjadi sebuah kolabarasi yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (*)

Oleh : Dr Erna Retna Safitri, M.Pd./Dosen Program Studi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sriwijaya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: