Komitmen Menjaga Warisan Budaya, Bupati Askolani Launching SANGPURBA

Komitmen Menjaga Warisan Budaya, Bupati Askolani Launching SANGPURBA

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH melaunching program Inovasi Sanggar Permainan Urang Banyuasin (SANGPURBA) di Gedung Graha Sedulang Setudung, Kamis 7 September 2023.--

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH melaunching program Inovasi Sanggar Permainan Urang Banyuasin (SANGPURBA) di Gedung Graha Sedulang Setudung, Kamis 7 September 2023.

"Ini sebagai inovasi untuk membangkitkan kembali semangat dan minat generasi muda terhadap permainan-permainan tradisional, " kata Askolani. 

Askolani menambahkan program ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkab Banyuasin dalam menjaga warisan budaya dan membentuk karakter anak-anak Kabupaten Banyuasin.  

“Melalui sang purba kita berharap dapat mengembalikan kegemaran bermain di alam terbuka, mengajak anak-anak untuk berinteraksi dan belajar bersama dengan permainan, "tukasnya. 

BACA JUGA:Besi Tangki Milik PDAM Sungsang Banyuasin Dicuri, Polisi Tangkap 6 Pelaku

Permainan tradisional memiliki daya tarik yang khas dengan mengajarkan kerja sama, sportivitas, dan rasa solidaritas diantara pemainnya.

Diakuinya menghadapi era digital dan teknologi adalah nyata. Namun kita tidak boleh melupakan akar budaya, oleh karena itu, Askolani ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Kabupaten Banyuasin untuk bersama-sama mendukung dan melaksanakan program SANGPURBA ini. 

Sementara itu, Aminuddin Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin mengatakan dengan di launching bersama program inovasi SANGPURBA.

Maka akan ini memberi pondasi kearifan lokal berupa permainan tradisional yang dimulai sejak dini yang disalurkan pada program pembinaan permainan tradisional tingkat PAUD, SD, dan SMP di Banyuasin. 

BACA JUGA:Ini Alasan 8 Desa di Kabupaten Banyuasin Terapkan Pilkades E Voting

Pembentukan SANGPURBA merupakan inovasi dan terobosan untuk mengakselerasi peningkatan kualitas dan kontribusi permainan tradisional pendidikan dalam bingkai Banyuasin Cerdas dimulai dari penyusunan yang sudah disusun dalam buku petunjuk pelaksanaan SANGPURBA. 

Pada kesempatan ini, Bupati Banyuasin memberikan 10 unit laptop kepada SMA Negeri 1 Banyuasin lll, pembagian buku pedoman pelaksanaan SANGPURBA dari Bupati Banyuasin ke perwakilan sekolah, dilanjutkan penyerahan pemenang lomba menulis surat cinta untuk Bupati kategori SD, dan SMP, dan pemberian apresiasi kepada guru penggerak angkatan 7.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: