DPRD Sumsel Usulkan 3 Nama Pj Gubernur, Nama Mantan Pj Bupati Pali Masuk Dalam Usulan

DPRD Sumsel Usulkan 3 Nama Pj Gubernur, Nama Mantan Pj Bupati Pali Masuk Dalam Usulan

Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru yang masa jabatannya berakhir pada 1 Oktober 2023, akan digantikan oleh Pj Gubernur.

Teka-teki nama Pj Gubernur Sumsel akhirnya terjawab.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, SH, MH mengatakan, ada tiga nama diusulkan ke Mendagri setelah pihaknya bersama sembilan fraksi telah sepakat.

Sebelumnya ada lima nama yang diusulkan ke Mendagri yakni, Supriono (Sekda Sumsel), Prof H Nizar Ali (Sekjen Kementerian Agama), Robi Kurniawan (Deputi Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi) dan Agus Fhatoni (Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri).

BACA JUGA:Ternyata ini Asal Usul Kata Ya Saman, Ucapan Wong Palembang Ketika Melihat ini

Dari lima nama tersebut, mengerucut menjadi tiga nama yang akan diusulkan DPRD Sumsel ke Mendagri.

"Seluruh pimpinan fraksi sudah muasyawarah mufakat mengusulkan tiga nama yaitu, Supriono (Sekda Sumsel), Prof H Nizar Ali (Sekjen Kementerian Agama) dan Robi Kurniawan (Deputi Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi)," kata Anita Jumat 1 September 2023.

Alasan dipilihnya tiga orang tersebut, masing-masing fraksi mempunyai pertimbangan sendiri, salah satunya Permen Mendagri pengajuan pengusulan Pj Jabatan Pimpinan Madya.

"Untuk Sumsel hanya satu yang memenuhi syarat yaitu Sekda Sumsel, sedangkan untuk tingkat pusat ada Prof H Nizar Ali dan juga ada beberapa fraksi yang mengusulkan Robi Kurniawan termasuk partai Golkar, bahwa Robi memang sudah lama kita kenal," tegas Anita.

BACA JUGA:Bocah 14 Tahun di Palembang Dirudapaksa Bapak Tiri, Aksinya Terbongkar dan Bapak Kandung Lapor Polisi

Menurut dirinya, hari ini akan disampaikan surat yang nantinya surat tersebut akan dibarengkan dengan surat pemberitahuan pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan ditandatangani Ketua DPRD Sumsel.

"Saya diberi kesempatan hingga tanggal 8 September 2023, namun, karena besok 2 September 2023 akan dilaksanakan Reses, maka hari ini dirapatkan bersama fraksi. Sekarang kita sudah mendapatkan tiga nama yang akan kita diusulkan," tutupnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: