7 Provinsi dengan Persentase Islam Terbesar di Indonesia, Pulau Sumatera ada 3 Provinsi ini!

7 Provinsi dengan Persentase Islam Terbesar di Indonesia, Pulau Sumatera ada 3 Provinsi ini!

mesjid--

SUMEKS.CO - Agama Islam mendominasi di Indonesia, mencapai 86,7% dari populasi total yang berjumlah 231 juta penduduk. Saat ini, populasi Indonesia telah mencapai 273,8 juta orang berdasarkan sensus penduduk tahun 2021.

Di seluruh provinsi Indonesia, Islam hampir selalu menjadi mayoritas. Berikut adalah beberapa provinsi dengan persentase pemeluk Islam tertinggi di Indonesia:

1. Aceh

Provinsi yang sering disebut sebagai Negeri Serambi Makkah ini memiliki persentase pemeluk Islam tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 98,57%. Dari total 5,38 juta penduduk Aceh, sekitar 5,26 juta orang mengikuti agama Islam.

BACA JUGA:Masjid Jamik Sungai Lumpur, Bangunan Bersejarah yang Jadi Saksi Bisu Tersebarnya Islam di Palembang

2. Gorontalo

Provinsi yang terletak di utara pulau Sulawesi ini memiliki persentase pemeluk Islam sekitar 98,02%. Dari total populasi Gorontalo sekitar 1,2 juta jiwa, sekitar 1,18 juta orang adalah muslim.

3. Bengkulu

Provinsi yang terkenal dengan bunga Raflesia ini memiliki persentase pemeluk Islam sekitar 97,68%. Dari total penduduk Bengkulu yang mencapai 2,03 juta jiwa, sekitar 1,99 juta orang memeluk agama Islam.

BACA JUGA:Gereja di Eropa Banyak Dijadikan Masjid, Sayap Kanan Inggris Murka, Alasannya Justru Bikin Geram

4. Sumatra Barat

Provinsi yang terletak di pesisir barat Sumatra ini memiliki jumlah penduduk muslim sekitar 5,39 juta jiwa dari total 5,58 juta penduduknya, dengan persentase sekitar 97,6%.

5. Jawa Barat

Provinsi Tanah Pasundan ini memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di pulau Jawa dengan persentase sekitar 97,31%. Dari total 67,59 juta penduduk Jawa Barat, sekitar 46,3 juta jiwa adalah pemeluk Islam.

BACA JUGA:Terbaru! Hagia Sophia di Turki Pernah Jadi Gereja Ortodoks dan Museum, Kembali Jadi Masjid Ditangan Orang Ini

6. Jawa Tengah

Provinsi dengan penutur bahasa Jawa terbanyak di Indonesia ini memiliki jumlah penduduk sekitar 37,23 juta jiwa, dengan sekitar 36,21 juta jiwa yang memeluk Islam, menjadikan persentase pemeluk Islam di provinsi ini sekitar 97,28%.

7. Jawa Timur

Provinsi yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki sekitar 39,85 juta penduduk muslim dari total populasi sekitar 40,994 juta jiwa, dengan persentase pemeluk Islam sekitar 97,23%.

BACA JUGA:Internasionalisasi Dakwah Muhammadiyah Beli Gereja Dijadikan Masjid dan Boarding School di Kota Madrid Spanyol

Meskipun Islam menjadi mayoritas di Indonesia, penting untuk menghormati dan tidak melakukan penganiayaan terhadap minoritas, karena kita adalah Indonesia yang berlandaskan keragaman dan toleransi.  *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: