Jangan Sampai Salah Pilih Kendaraan! Inilah Head To Head Suzuki Celerio Versus Nissan New March
Suzuki Celerio sepertinya akan menjadi ancaman para kompetitor lain di kelas kendaraan berkategori LCGC.--
BACA JUGA:Suzuki Celerio Bekas Hanya Rp60 Jutaan, Tetap Nyaman Karena Fitur-Fitur Unggulan
Nissan March sendiri mengandalkan mesin tiga silinder 1.2 liter dengan daya maksimum 76 PS pada 6000 rpm serta torsi puncak 104 Nm pada 4000 rpm.
Di atas kertas keduanya sama-sama terkesan meragukan namun baik digunakan di dalam kota maupun melaju di jalan tol baik Nissan New March maupun Suzuki Celerio terbukti mumpuni dengan karakter akselerasi galak serta tidak memalukan saat harus dipacu dengan kecepatan tinggi.
Kuncinya jelas terletak pada bobot keduanya yang memang diredam sedemikian rupa. Suzuki Celerio hanya memiliki bobot 830 kg sedangkan Nissan New March sendiri juga hanya 935 kg. Dilihat dari situ tampak bahwa rasio power-to-weight keduanya lagi-lagi seimbang.
Terlepas daripada angka-angka di atas kertas tersebut Suzuki Celerio terasa lebih ringan saat berakselerasi, sedangkan Nissan New March pada sisi lain terasa lebih halus dan ketika menginjak putaran 4000 rpm mesinnya juga terasa lebih hidup dibanding Celerio.
BACA JUGA:New Suzuki Celerio, Mesin Gahar Tampilan Sporty Tetap Jadi Rekomendasi untuk Perempuan
Ketika mendaki tanjakan baik di balik kemudi Celerio maupun New March pengemudi harus rajin-rajin melakukan perpindahan gigi, dan disisi inilah Nissan March menunjukkan keunggulannya karena pedal kopling terasa lebih presisi dan terduga ketimbang Suzuki Celerio yang perlu pembiasaan ekstra untuk benar-benar mengenal karakter kopling agar perpindahan gigi bisa dilakukan dengan halus.
Konsumsi BBM Suzuki Celerio sedikit lebih hemat dibanding konsumsi BBM Nissan New March (5.2 liter/100 km vs. 6.4 liter/100 km), namun kapasitas tanki New March juga lebih besar dibanding kapasitas tanki Celerio (6 liter vs. 4.1 liter).
Kualitas handling keduanya di dalam kota sama-sama baik lebih-lebih dengan radius putar 9.0 m pada New March dan 9.4 m pada Celerio.
EPS yang mendampingi setir Suzuki Celerio terasa lebih ringan sehingga sangat menguntungkan kala hendak memarkirkan mobil meski pada sisi lain juga feedback-nya tidak terasa mantap. Di sisi lain setir Nissan New March lebih terhubung sekaligus fun ketimbang kompetitor barunya itu.
BACA JUGA:Woww! Suzuki Celerio Bekas Dibandrol Mulai dari Rp88 Juta, Pembayaran Bisa Dicicil
Kualitas handling dan body control Nissan New March bisa dibilang setingkat lebih baik dibanding Suzuki Celerio.
Selain sedikit perbedaan diantara keduanya tersebut baik Nissan New March maupun Suzuki Celerio sama-sama memiliki bantingan yang empuk termasuk kala melewati speed bump bahkan menurut penilaian kami sedikit lebih baik dibandingkan beberapa kompetitor yang banderolnya lebih mahal.
Baik Nissan New March maupun Suzuki Celerio sama-sama pilihan yang menarik mempertimbangkan harga keduanya relatif terjangkau.
Dengan karakter yang sedikit berbeda Nissan March lebih fun to drive dibanding Suzuki Celerio. Desain eksterior dan interiornya pun menurut kami juga satu tingkat di atas Celerio.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: