Hoax Temuan Ratusan Tulang Belulang di Ponpes Al Zaytun Indramayu

Hoax Temuan Ratusan Tulang Belulang di Ponpes Al Zaytun Indramayu

Ilustrasi--

SUMEKS.CO -Video penemuan ratusan tengkorak dan dikaitkan dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu dipastikan hoax.

hasil penesuluran sumeks.co dari berbagai sumber serta laman resmi www.kominfo.go.id, gambar tengkorak pada thumbnail video bukan berasal dari kuburan massal di gudang Ponpes Al-Zaytun seperti unggahan akun Snack Video mbahkung304, 9 Agustus 2023

Foto serupa ditemukan dalam artikel The Independent yang rilis pada 14 Agustus 2018. Tengkorak tersebut berada di Katakombe Paris, Perancis.

Katakombe merupakan ruangan bawah tanah yang menampung tulang enam juta orang yang dipindahkan dari kuburan di Paris pada abad ke-18. Sejauh ini, tidak ditemukan informasi valid terkait penemuan kuburan massal di Ponpes Al-Zaytun.

BACA JUGA:Santri dan Alumni Ponpes Al Zaytun Indramayu Was-was, Legalitas Ijazah Kami Bagimana?

Sebelumnya unggahan akun Snack Video mbahkung304, 9 Agustus 2023, ratusan tengkorak tersebut diduga merupakan tumbal dari Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu.

Dari keterangan video itu disebutkan, bahwa tengkorak-tengkorak yang ditemukan tersebut merupakan real killer dengan motif janji-janji yang dikemas dengan kemampuan supranatural.

Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan penemuan ratusan tengkorak, di sebuah tempat penggalian lubang. 

dalam keterangan video itu disebutkan, bahwa tengkorak-tengkorak yang ditemukan tersebut merupakan real killer dengan motif janji-janji yang dikemas dengan kemampuan supranatural.

"Kalau saya tahu mah mungkin saya juga nggak mau," ujar salah seorang wanita.

BACA JUGA:Hot Info! Komite HAM PBB Kunjungi Al Zaytun 22 Agustus 2023, Selamatkan Panji Gumilang?

Di video berdurasi 2 menit 30 detik tersebut, ada pula seorang pria yang mengungkapkan, bahwa dirinya telah menaruh curiga sebelumnya dengan apa yang terjadi di Ponpes Al Zaytun

"Curiganya saya dari pasal ini, dia itu banyaknya kopi-kopi yang anugerah itu," ucap pria tersebut. 


Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video penemuan ratusan tengkorak, di sebuah tempat penggalian lubang yang disebut di Ponpes Al Zaytun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: