Pojok Baca Publik Hadir di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya

Pojok Baca Publik Hadir di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya

Dispustaka Sumsel dan Balai Pengelolaan Kereta Api Ringan (LRT) foto bersama di POCADI Stasiun Bumi Sriwijaya.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebagai upaya untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Perpustakaan (Dispustaka) Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan gebrakan-gebrakan, salahsatunya dengan membuka Pojok Baca Publik di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya Palembang, Jumat 7 Juli 2023.

"Pojok Baca Digital (Pocadi) saat ini telah ada di berbagai titik di Kota Palembang, antara lain; di Bandara SMB II, Monpera, Sungai Ijuk Kamasan. Untuk di Stasiun LRT sendiri, ini merupakan Pojok Baca Digital yang pertama, dan InsyaAllah kita berkomitmen untuk dapat direalisasikan di stasiun-stasiun lainnya," ujar Kepala Dispustaka Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si.

Dikatakannya, saat ini buku konvensional di Pocadi LRT ada sekitar 200an judul. Namun ketersedian buku juga ada secara digital.


Tinjau Pojok Baca Digital Stasiun Bumi Sriwijaya.--

Ada layanan dari Perpusnas RI dan Diary Sumsel sehingga masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Pocadi ini.

BACA JUGA:Ketua DPRD dan Wali Kota Palembang Sepakat Tandatanganan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024

"Tentunya apa yang telah dilakukan Dispustaka Provinsi Sumsel adalah untuk meningkatkan TGM korelasinya tentu IPLM akan ikut meningkat," pungkas Fitriana.

Senada, Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel, Rode Paulus, menyambut baik kerjasama ini.


Kepala Dispustaka Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si dan Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan (LRT) Sumsel, Rode Paulus, usai penandatanganan MoU.--

"Kita bisa memanfaatkan fasilitas publik yang kita miliki. LRT hadir untuk memberikan pelayanan angkutan umum kepada masyarakat. dengan hadirnya Pocadi di salahsatu stasiun kami, kami sangat bersyukur, masyarakat tidak hanya menikmati layanan LRT namun juga dapat menambah wawasan dan informasi melalui Pocadi," ungkapnya.

"Saat ini, kami juga memiliki program eduwisata dan edutrip untuk anak TK dan SD, dengan adanya Pocadi ini tentu sangat bermanfaat bagi kami, dimana layanan ini dapat menambah materi dan bahan lagi bagi pengunjung untuk menambah informasi yang subjektif di era digital saat ini dalam membentuk karakter bangsa kita," pungkasnya. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: