Ratu Dewa, Ilham Djaya, Edward Juliartha Masuk Bursa Calon Pj Walikota Palembang

Ratu Dewa, Ilham Djaya, Edward Juliartha Masuk Bursa Calon Pj Walikota Palembang

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Terkait akan berakhirnya masa jabatan Walikota Palembang, H. Harnojoyo pada 18 September 2023 serta Menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor: 100.2.1.3/3736/SJ tertanggal 21 Juli 2023, prihal usul 3 nama pejabat bupati/walikota pada poin tiga,(3), dijelaskan jika usulan tersebut disampaikan paling lambat tanggal 9 Agustus 2023 ke Menteri Dalam Negeri RI.

Terkait hal tersebut DPRD Kota Palembang, informasinya hasil rapat pimpinan, (rapim), Minggu,6 Agustus 2023, mengusulkan 3 nama ke Menteri Dalam Negeri RI sebagai usulan PJ Walikota Palembang dan informasinya surat tersebut dibawa secara langsung oleh Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin.

Hingga, berita ini diturunkan pada Selasa 8 Agustus 2023, pukul 17.00 WIB surat yang dimaksud belum sampai ke Mendagri RI.

Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Adzanu Getar Nusantara saat dikonfirmasi terkait nama yang diusulkan untuk PJ Walikota Palembang mengatakan tidak mengetahui persis siapa nama yang diusulkan karena itu menjadi kebijakan dari Ketua DPRD Kota Palembang. 

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Akan Ikuti Sosialisasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP

Namun, dia menjelaskan proses dari munculnya nama- nama yang diusulkan, sudah melalui proses sesuai aturan yang berlaku, terakhir pada, Minggu 5 Agustus 2023.

Rapat bersama ketua fraksi dan unsur pimpinan mengerucut 2 nama yang mendominasi usulan dari ketua fraksi hanya 1 fraksi yang menambah 1 nama lagi, yakni PDI Perjuangan, nama- nama tersebut sudah disampaikan ke ketua untuk diambil kebijakan yang diusulkan ke Mendagri. 

"Kita sudah sampaikan ke ketua hasil rapat pimpinan jadi ketua yang mengusulkan ke Mendagri", kata Adzanu, Selasa 8 Agustus 2023. 

Adapun ketiga nama muncul yang diusulkan diantaranya Sekretaris Daerah Kota Palembang, H. Ratu Dewa, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, SH, MH, M.Pd, Ada juga nama Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel Edward Juliartha masuk kriteria yang diusulkan. 

BACA JUGA:2 Jam Rumah Kabid Dinsos Prabumulih Digeledah Tim Jaksa Kejari, Kapolsek Bantu Pengamanan Alhamdulillah Lancar

Diketahui dari ketiga nama tersebut yang menarik perhatian sosok Dr. Ilham Djaya, diketahui Ilham Djaya sosok birokrat asal Sumatera Selatan yang telah lama berkecimpung di Kementerian Hukum dan HAM. 

Tercatat Ilham Djaya pernah menjabat sebagai Kepala Lapas Palembang (Merah Mata), Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, dan saat ini sebagai Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Atas sejumlah pengalaman yang dimilikinya tersebut, sosok Ilham Djaya dianggap layak menjadi Penjabat (Pj) kota Palembang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: