Sistem Pencernaan Bermasalah? Konsumsi Buah Tin Insyaallah Kembali Lancar

Sistem Pencernaan Bermasalah? Konsumsi Buah Tin Insyaallah Kembali Lancar

Buah tin yang bisa mengatasi masalah sistem pencernaan.--dok : sumeks.co

Sistem Pencernaan Bermasalah? Konsumsi Buah Tin Insyaallah Kembali Lancar

SUMEKS.COBuah Tin sudah ada didunia sejak ribuan tahun lalu. Awalnya tumbuh di daerah Asia namun saat ini sudah dibudidayaka di Indonesia mengingat manfaatnya yang begitu besar.

Buah dengan nama latin Ficus Carica ini dipercaya memiliki beragam manfaat dan juga kandungan nutrisi yang bisa mengobati sekaligus pencegahan beberapa penyakit.

Memiliki rasa manis yang berasal dari kandungan gula alami sekaligus juga menyegarkan, buah tin ini bisa dimakan secara langsung, dikeringkan dan juga diambil ekstraknya.

BACA JUGA:Ternyata! Buah Ciplukan Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Konsumsinya

Buah tin juga termasuk buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah dengan nutrisi yang tersusun atas vitamin dan mineral.

Namun jika buah ini dikeringkan maka jumlah kalori yang terkandung didalamnya akan semakin meningkat termasuk juga dengan konsentrasi gula yang ada didalamnya.

Untuk ragam nutrisi dalam buah tin diantaranya protein, karbohidrat, serat, gula, kalsium, magnesium, kalium, vitamin C dan vitamin B6.

Selain kandungan tersebut buah tin juga mengandung mikronutrien yang semakin melengkapi nutrisinya karena adanya tiamin, riboflavin dan niasin.

BACA JUGA:Jangan Ragu! Ini Manfaat Konsumsi Buah Pir yang Tidak Banyak Orang Tahu

Nah dari kandungan tersebut, apa saja ya manfaat yang terkandung dari buah tin ini yang dapat berpengaruh langsung ke kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah tin dapat membantu melancarkan alirah darah dalam tubuh serta mengurangi berbagai resiko penyakit yang dapat menyerang jantung dan stroke.

Buah tin ini mengandung kalium, tembaga dan juga zat besi dimana ketiganya memiliki fungsi vital dalam sistem kardiovaskuler.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Mahkota Dewa dan Cara Mengolahnya

Seperti kalium yang merupakan komponen penting dan dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan darah.

Selain itu tembaga dan zat besi diperlukan dalam produksi sel darah merah jadi potensi dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

2. Menjaga kesehatan kulit dan juga rambut

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut ini karena kandungan antioksidan pada buah tin.

BACA JUGA:5 Buah Yang Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Khawatir Makan Daging

Antioksidan dalam buah tin ini dapat merangsang produksi kolagen yang bisa mengencangkan sekaligus melembabkan kulit.

Selain itu jika ada permasalahan pada kulit bisa diredakan dengan mengkonsumsinys seperti gejala kulit gatal dan perih karena dermatitis atau alergi.

Zat besi pada buah tin juga dapat mempertahankan kesehatan rambut.

3. Meningkatkan kepadatan tulang

BACA JUGA:Mirip Tomat, Ini 6 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan Tubuh

Mengandung kandungan kalium dan juga kalsium dimana keduanya dapat bekerja sama dalam meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah pengeroposan seperti osteoporosis.

Kandungan ini juga dapat mengurangi resiko pada kerusakan tulang dan mampu membentuk komponen struktur tulang.

Selain itu kandungan ini juga dapat mengoptimalkan perkembangan struktur tulang terutama pada anak-anak dan remaja.

4. Mengontrol gula darah

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki potensi untuk mencegah penyakit kronis diantaranya adalah diabetes terutama pada ekstrak daunnya.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung ekstrak buah tin ini memiliki indek glikemik lebih rendah sehingga dapat menjaga kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Namun perlu diperhatikan jumlah konsumsi karena buah dalam  buah tin termasuk memiliki kandungan gula alami yang tinggi.

5. Menyehatkan pencernaan

BACA JUGA:Miliki Rasa Unik, Kenyal dan Mirip Kelengkeng, Ini Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Manfaat dari buah tin ini salah satunya sebagai sistem pelancar pencernaan karena ada kandungan serat dan juga zat pectin yang mampu menjaga metabolisme tubuh.

Zat ini dapat ditemukan diberbagai buah salah satunya adalah buah tin dimana secara spesifik buah ini dapat mencegah berbagai resiko seperti sembelit, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Ini karena zat pectin bisa meningkatkan kerja usus sekaligus mengurangi nyeri pada perut sekaligus menjadi buah untuk temani proses penurunan berat badan.

6. Mencegah sel kanker

BACA JUGA:Ini Manfaat Makan Daun dan Biji Melinjo, Ternyata Bisa Mencegah Stroke

Berpotensi dalam mencegah pertumbuhan sel kanker terutama pada usus, buah tin mengandung antioksidan seperti flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel karena serangan zat radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Nah itu dia  manfaat buah tin yang berguna untuk kesehatan terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung buah tin juga bisa disajikan menjadi beberapa olahan seperti jus, smoothies, salad buah, atau memasukan daunnya pada tumisan dan sayur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: