Gubernur Herman Deru Dampingi Mentan RI Panen PSR Terbesar di Indonesia

Gubernur Herman Deru Dampingi Mentan RI Panen PSR Terbesar di Indonesia

--

Pada kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga menyampaikan terimakasihnya atas program-program Mentan yang sangat berpihak pada petani.

BACA JUGA:Siswa SMKN 1 Tanjung Agung Wakili Muara Enim Lomba LKS Tingkat Sumsel

Menurutnya hal yang wajar Sumsel menjadi titik fokus peremajaan sawit karena Sumsel memiliki lahan perkebunan sawit yang luas di Indonesia mencapai 1,4 juta ha.

Dengan jumlahnya yang demikian itu diakuinya bahwa masyarakat cukup ketergantungan dengan perkebunan sawit.

Namun kondisi saat ini banyak sawit yang sudah berusia tua dan berkurang produksinya. 

"Karena itu, Kami Provinsi Sumsel janji akan memperluas peremajaan sawit rakyat," ujarnya. 

BACA JUGA:Warga Babat Supat Tertangkap Tangan Curi 138 Tandan Buah Sawit

Saat ini menurut Gubernur Herman Deru masyarakat masih pikir-pikir untuk mereplanting sawit mereka karena masih produksi.

Oleh karena itu Gubernur Herman Dery berharap Kementerian juga dapat memikirkan dan mencarikan solusi agar ekonomi masyarakat yang melakukan replanting tetap terjamin saambil menunggu proses peremajaan hingga panen dilakukan. 

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Herman Deru turun langsung mendampingi Mentan RI Syahrul Yasin Limpo memulai panen perdana PSR di OKI seluas 1057 ha dan dilanjutkan dengan menjajal mesin pembersih rumput hingga mencoba langsung kendaraan pengangkut hasil sawit.

Bersama Mentan RI, Ia juga juga berkesempatan melakukan penyerahan KUR kepada sejumlah masyarakat. 

BACA JUGA:Belum Putus Cerai di Pengadilan, Suami Aniaya Istri hingga Pingsan, Berujung Laporan Polisi

Berdasarkan Data Kementan RI dan PSR Online diketahui realisasi PSR hingga 10 Juli 2023 di Provinsi Sumsel dengan Rekomtek sebesar 59.329, 40 hektare, Tumbang/Chipping 42.081, 17 hektare dan tanam 41.267,23 hektare.

Bahkan pada bulan Februari 2023 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memboyong penghargaan rekomendasi teknis (Rekomtek) Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pertama secara nasional dan terluas di tingkat provinsi periode Februari 2023 ini dimana waktu itu daerah ini luasan rekomtek PSR mencapai 58.315 hektare.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: