Gubernur Herman Deru Dampingi Mentan RI Panen PSR Terbesar di Indonesia

Gubernur Herman Deru Dampingi Mentan RI Panen PSR Terbesar di Indonesia

--

Gubernur Herman Deru Dampingi Mentan RI Panen PSR Terbesar di Indonesia

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel H. Herman Deru mendampingi Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan Panen Perdana Kelapa Sawit Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kebun Kelapa Sawit Desa Bumi Harapan, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI, Senin 17 Juli 2023 siang. 

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan selain melakukan panen perdana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), kehadirannya di Kabupaten OKI juga dalam rangka memastikan akselerasi peremajaan sawit bersinergi oleh Gubernur maupun Bupati seperti yang diamanahkan Presiden betul-betul berjalan. 

"Karena sawit adalah masa depan bangsa yang dapat  mensejahterakan masyarakat lebih baik kedepan. Sebab sawit adalah komoditi yang jadi lirikan dunia," jelasnya. 

Untuk itu Mentan juga mengapresiasi upaya Gubernur Herman Deru yang telah berupaya kuat mengakselerasi peremajaan sawit bersama perusahaan-perusahaan yang ada. 

BACA JUGA:Disdik Kota Prabumulih Musnahkan 327 Lembar Blanko Ijazah Rusak

Iapun berharap dengan panen perdana ini dapat semakin meningkatkan PSR di OKI terutama pada sawit-sawit yang telah berusia 15-25 tahun agar segera direplanting. 

" Bagaimanapun petani harus diuntungkan. Tidak boleh kita suruh tebang saja tapi harus diberikan solusi. Ini menjadi PR Saya bersama Gubernur dan Bupati misalnya membantu tanaman komoditi jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan agar petani sawit bisa tetap memiliki pendapatan selama melakukan replanting," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu Mentan juga mengatakan mengapresiasi akselerasi PSR di OKI, karena menurutnya sawit lebih berharga dibandingkan pertambangan emas. 

Apalagi saat peremajaan sawit sudah menggunakan teknologi. Untuk itu Iapun meminta Pemkab OKI meningkatkan target peremajaan sawit dari 8.000 ha menjadi 10.000 ha.

BACA JUGA:Tembakan Tegas Macan Rayu ke Residivis Kasus Pencurian di Palembang Usai Beraksi Lagi

Iapun mendorong Pemkab dan Pemprov berinovasi agar sawit tidak hanya diolah menjadi biodesel, atau minyak namun juga obat-obatan untuk mendukung penurunan angka stunting. 

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru  menyambut baik tantangan Mentan untuk menginovasikan sawit. 

"Tadi Pak Menteri memberikan PR pada Sumsel dan Bupati OKI  bagaimana membuat inovasi baru agar sawit jangan hanya makanan tapi dibuat juga menjadi obat. Mudah-mudahan ada solusi bagi tenaga-tenaga terampil di Sumsel bagaimana tantangan Pak Menteri ini kita sambut," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: