Dirjen Darat Kemenhub RI dan Wali Kota Palembang Resmikan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 7 Ulu

Dirjen Darat Kemenhub RI dan Wali Kota Palembang Resmikan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 7 Ulu

-Naba Anwar-

Dirjen Darat Kemenhub RI dan Wali Kota Palembang Resmikan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 7 Ulu

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Hendro Sugianto didampingi Wali Kota Palembang H Harnojoyo meresmikan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 7 Ulu, Sabtu 15 Juli 2023.

Hendro Sugianto menjelaskan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 7 Ulu dibangun dari tahun 2019 hingga 2022.

"Anggaran pembangunan Pelabuhan Sungai 16 Ilir  Rp 106,72 miliar. Sedangkan Sungai 7 Ulu anggarannya Rp 75 miliar," jelansya kepada awak media. 

BACA JUGA:Revitalisasi 2 Dermaga di Kota Palembang Dukung Transportasi Sungai dan Sektor Pariwisata

Hendro menuturkan, tujuan dari pembangunan kedua pelabuhan sungai tersebut untuk meningkatkan ekonomi di Kota Palembang dan meningkatkan aktivitas masyarakat dalam penggunaan sarana transportasi air. 

"Alasannya dibangun di 16 Ilir dikarenakan disini ialah pusat ekonomi Kota Palembang," tuturnya. 

Kendati demikian Hendro menyebutkan, kedua pelabuhan tersebut selanjutnya diserahkan dan akan dikelolah oleh Pemerintah Kota Palembang. 

"Saya harap Pemkot Palembang dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin," tutupnya. 

BACA JUGA:Dibangun dengan Sentuhan Teknologi Digital, Pengerjaan Fisik Dermaga 7 Ulu Proses Finishing

Sementara, Wali Kota Palembang H Harnojoyo turut menyampaikan apresiasi atas rasa terima kasihnya kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) atas dukungannya terhadap kota Palembang khususnya dalam bidang transportasi.

Menurut Harnojoyo berbagai pembangunan dalam transportasi telah digencarkan di Ibu Kota Sumsel, mulai dari Lintas Rel Terpadu (LRT), Bus Trans Musi hingga Angkot Feeder LRT.

"Atas nama Pemkot dan masyarakat Palembang kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Perhubungan atas dukungannya yang tiada henti kepada kota Palembang khususnya dalam  transportasi. Hari ini kita bergembira meresmikan pelabuhan," katanya. 

Lanjut Harnojoyo menambahkan, transportasi publik merupakan suatu hal yang memang menjadi suatu keharusan untuk terus diperhatikan serta terus dibenahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: