Tingkatkan Kesejahteraan Petani, 40 Kelompok Tani Dapatkan Bantuan Bibit Buah

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, 40 Kelompok Tani Dapatkan Bantuan Bibit Buah

Secara simbolis Kabid Perkebunan Diki Herlambang salurkan bantuan bibit buah yang diterima langsung oleh masyarakat selaku penerima manfaat.--

Tingkatkan Kesejateraan Petani, 40 Kelompok Tani Dapatkan Bantuan Bibit Buah

PAGARALAM, SUMEKS.CO - Guna meningkatkan kesejahteraan petani, pemerintah Kota Pagaralam melalui Dinas Pertanian Kota Pagaralam telah mendistribusikan bantuan bibit buah kepada 40 kelompok tani.

Bantuan tersebut didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pagaralam dan diberikan sebagai suntikan Dana Insentif Daerah (DID).

Adapun bantuan tersebut terdiri dari 9.103 batang bibit Alpukat Miki dan 9.000 batang bibit Durian Montong.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Dra Suterimawati MM, melalui Kabid Perkebunan, Diki Herlambang, SP.

BACA JUGA:Anggota Koramil Bantu Tingkatkan Panen Cabai Petani Semendo

Diki menjelaskan, bibit buah yang diberikan ini dapat ditanam secara tumpang sari di areal pekebunan kopi sebagai pohon peneduh.

"Ini memberikan keuntungan bagi petani, karena selain dapat memanen kopi, mereka juga dapat memanen buah-buahan," ungkapnya, dikutip pagaralampos.bacakoran.co, Jumat 7 Juli 2023.

Diki menyebutkan, jenis Alpukat Miki memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan perawatan yang baik, tanaman hortikultura ini dapat menghasilkan buah dengan berat mencapai 1 kilogram lebih per buah.

Hal inilah, sambungnya, menjadi kelebihan dibandingkan dengan jenis lokal lainnya. Selain itu, harga Durian Montong juga tergolong tinggi. 

BACA JUGA:4 Shio Bebas dari Kesengsaraan, Karir Lancar dan Pintu Rezeki Terbuka Lebar

Maka dengan demikian, jika petani membudidayakan tanaman buah-buahan jenis unggul ini, mereka dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Salah seorang Ketua Poktan, yaitu Adil Generasi Emas di Kelurahan Jangkar Mas, Zurhansah, mengungkapkan kepuasannya terhadap bantuan ini.

“Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, sebab untuk mendapatkan bibit unggul bukanlah hal yang mudah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://pagaralampos.bacakoran.co/dukung-peningkatkan-kesejahteraan-petani/