Persiapan Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI 5 Juli Capai 99 Persen

Persiapan Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI 5 Juli Capai 99 Persen

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten PALI Rahmat. Foto: Heru/sumeks.co--

Persiapan Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI 5 Juli Capai 99 Persen

PALI, SUMEKS.CO - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang akan digelar Rabu 5 Juli 2023 mendatang persiapannya sudah mencapai 99 persen atau matang.

Bahkan logistik Pilkades telah dikirim ke masing-masing desa yang menggelar perhelatan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten PALI Hj Emilya, melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Rahmat, Senin 3 Juli 2023.

Menurut Rahmat kesiapan Pilkades serentak sudah mencapai 99 persen karena saat ini Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah didirikan.

BACA JUGA:Pelantikan Kades Terpilih Pilkades PALI Desember

"Sejak kemarin tahapan Pilkades memasuki masa tenang serta panitia Pilkades sudah mempersiapkan proses pencoblosan. Ada 17 desa yang menggelar Pilkades," ujarnya.

Untuk lokasi TPS, disebutkan Rahmat ditentukan panitia Pilkades berdasarkan kesepakatan bersama, hanya saja ada beberapa desa yang TPSnya lebih dari satu.

"Ada beberapa desa yang TPSnya lebih dari satu karena jumlah pemilih lebih dari 1.000 orang. Diantaranya Desa Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi dan Desa Tanah Abang Jaya, Kecamatan Tanah Abang," terangnya. 

Untuk pengamanan Pilkades, Rahmat mengaku pihak DPMD menggandeng Polres dan TNI serta Linmas. 

BACA JUGA:Daftar Pemilih Tetap Pilkades Tanah Abang Utara PALI Berjumlah 2.151 Mata Pilih

"Dalam satu TPS, ditempatkan tiga personil TNI dan tiga personil dari Polres serta linmas untuk mengamankan Pilkades. Kami berharap proses Pilkades bisa berjalan aman dan lancar sesuai harapan agar menghasilkan pemimpin desa yang amanah," harapnya. 

Sementara, Ketua Pilkades Simpang Tais Sumardi menyatakan, bahwa di desanya ada 1.885 mata pilih dan persiapan pencoblosan sudah siap.

"Calon Kades yang bertarung ada 4 orang. Surat suara sudah ada pada kami. Rencananya hari ini juga kami lipat. Untuk TPS kita bagi dua namun pada satu lokasi, yakni di balai desa. Hanya saja, panitia bertambah jadi 17 orang," pungkasnya.(ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: