Kapolres Oku Pimpin Apel Kasatkamling Polres Ogan Komering Ulu Tahun 2023

Kapolres Oku Pimpin Apel Kasatkamling Polres Ogan Komering Ulu Tahun 2023

--

Kapolres Oku Pimpin Apel Kasatkamling Polres Ogan Komering Ulu Tahun 2023

BATURAJA, SUMEKS.CO - Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.I.K., M.H., pimpin kegiatan Apel Kasatkamling Polres Ogan Komering Ulu Tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres OKU, Rabu 21 Juni 2023 sekira pukul. 08.30 WIB.

Dalam kegiatan apel Kasatkamling Polres Ogan Komering Ulu Tahun 2023 Kapolres OKU memberikan hadiah perlombaan Sat Kamling..

Sebagai pemenang, untuk juara 1 Kasatkamling diraih oleh Polsek Sinar Peninjauan, juara 2 Kasatkamling Polsek Sosoh Buay Rayap dan juara 3 Kasatkamling Polsek Baturaja Barat.

“Kapolres OKU Arif Harsono, S.I.K., M.H menyampaikan amanat Kapolri bahwa selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasatkamling ini.

"Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa," terang Kapolres OKU.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

"Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masingmasing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama," pesan Kapolres.

Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Turut hadir dalam Apel tersebut Waka Polres Oku Kompol Farida Aprillah, S.H., para Kabag, PJU, Kapolsek Jajaran, 1 Peleton Babinsa Kab. OKU, 1 Peleton Bhabinkamtibmas Polres OKU, 1 Peleton Polsus jajaran Polres OKU, 1 Kasatkamling jajaran Polres OKU dan 1 Linmas jajaran Polres OKU.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: