TEGAS! Baca Al Quran di Kuburan Dibilang Syirik, Ustaz Abdul Somad 'Tampar' Kelompok Ini

TEGAS! Baca Al Quran di Kuburan Dibilang Syirik, Ustaz Abdul Somad 'Tampar' Kelompok Ini

Ustaz Abdul Somad tunjukkan dalil tentang bolehnya membaca Al Quran di kuburan, serta patahkan argumen suatu kelompok yang menyatakan hal itu tidak boleh dan haram.--

TEGAS! Baca Al Quran di Kuburan Dibilang Syirik, Ustaz Abdul Somad 'Tampar' Kelompok Ini 

SUMEKS.CO - Tegas, Ustaz Abdul Somad tunjukkan dalil tentang bolehnya membaca Al Quran di kuburan, serta patahkan argumen suatu kelompok yang menyatakan hal itu tidak boleh dan haram.

Perbedaan pendapat atau Khilafiyah dikalangan para ulama mengenai hukum membaca Al Quran di kuburan hingga saat ini masih menjadi perdebatan. Bahkan, tak jarang ada sebagian alangan yang menyatakan hal itu merupakan perbuatan Bid'ah dan sesat.

kendati demikian, berbeda halnya dengan pendapat dari kalangan Ahlusunnah Wal Jamaah. Seperti pendapat yang disampaikan Ustaz Abdul Somad dalam salah satu tausyiah yang disampaikannya, dikutip dari akun snackvideo @plinplan.

BACA JUGA:Sedekah Tahlil Orang Mati Disebut Tradisi Hindu, Ustaz Abdul Somad Kasih Paham Biar Sadar

Dalam postingan video tersebut, ada salah satu penceramah yang mengatakan bahwa membaca Al Quran di kuburan merupakan perbuatan syirik.

"Disana dikatakan, pendapat Imam Syafi'i menyebutkan perbuatan salah satu penyebab syirik yakni membaca Al Quran di kuburan," ungkap pencerah tersebut.

Pendapat yang disampaikan tersebut berdasarkan hadist Rasulullah SAW. Bahkan, penceramah tersebut mengemukakan pendaatnya itu dengan hadist yang berbunyo,

"Rasulullah SAW bersabda, jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan. yaitu tidak mengerjakan salat dan membaca Al Quran," timpalnya.

BACA JUGA:Tahlilan Orang Meninggal Dibilang Bid'ah, Ustaz Abdul Somad Tampar Pakai Dalil Sampai Tak Bersuara

Penceramah itu melanjutkan, hadist tersebut menunjukkan bahwa, dua makna tersebut menunjukkan tidak diperbolehkannya membaca Al Quran di kuburan.

"Tidak boleh baca Al Quran di kuburan," tukasnya.

Sementara itu, tanggapan itu disanggah Ustaz Abdul Somad. Dengan tegas Ustaz Abdul Somad membantah dan menunjukkan dalil mengenai bolehnya membaca Al Quran di kuburan.

Ustaz Abdul Somad menerangkan, berdasarkan dalam Kitab Ar Ruh karya Imam Ibnul Qayyim menyatakan bahwa, Imam Syafi'i membolehkan membaca Al Quran di kuburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: