Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak, Pemkab OKI Perkuat Sinergitas

Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak, Pemkab OKI Perkuat Sinergitas

Rapat koordinasi menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024, di Ruang Rapat Bende Seguguk 1 Pemkab OKI, Rabu 14 Juni 2023.--dok : sumeks.co

Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak, Pemkab OKI Perkuat Sinergitas

OGAN KOMERING ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) perkuat sinergitas menjelang Pemilu dan Pilkada 2024

Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir, H Husin SPd MM menyatakan suksesnya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 akan ditentukan oleh banyak faktor. 

Diantaranya kesiapan dari penyelenggara Pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah, dan kesiapsiagaan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan Pilkada.

“Jadi oleh karena itu, melalui Rakor diharapkan terwujudnya sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan, dalam upaya menciptakan Pemilu dan Pilkada yang demokratis dan damai,” ucap Sekda Husin, saat rapat koordinasi  menjelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024, di Ruang Rapat Bende Seguguk 1 Pemkab OKI, Rabu 14 Juni 2023.

BACA JUGA:Polres OKI Rencanakan Pemetaan Daerah Rawan Pemilu dan Pilkada

Rapat koordinasi dilakukan dengan melibatkan jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu serta berbagai elemen masyarakat.

Dikatakan Sekda sinergitas harus dikuatkan secara berkesinambungan antar Penyelenggara Pemilu, dan Aparat Keamanan serta pemangku kepentingan pemilu lainnya seperti Media, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Paslon Kada, Parpol para Pendukung dan lain sebagainya.

“Waspadai dan Cegah hal-hal yang dapat mencederai proses Pilkada seperti perang hoax dan propaganda, money politik, politik identitas, black campaign, serangan fajar, intimidasi dan lain-lain,” ucap Sekda Husin. 

Sekda juga berharap para stakeholder, dapat mendorong secara optimal peningkatan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka mewujudkan suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

BACA JUGA:Kejaksaan Negeri OKI Buka Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu 2024

Kapolres OKI melalui Kabag Operasional Polres OKI, Kompol Adriansyah mengatakan pihaknya melakukan  langkah antisipasi dan pemetaan terhadap potensi konflik.

"Kami lakukan antisipasi dengan deteksi dini dan pemetaan dari potensi konflik ituuntuk mencegah gesekan dalam setiap proses tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada ini," ujarnya.

Lalu, masih kata Andriansyah, untuk pengamanan Polri mendampingi mulai dari proses awal yang sifatnya administrasi sampai dengan hal-hal yang sifatnya pengamanan fisik di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: