Bandara SMB II Palembang Sebut Berangkat Naik Pesawat Tidak Perlu Syarat Vaksin Lagi

Bandara SMB II Palembang Sebut Berangkat Naik Pesawat Tidak Perlu Syarat Vaksin Lagi

Naik pesawat tidak perlu syarat vaksin lagi. Foto: dokumen/sumeks.co --

Bandara SMB II Palembang Sebut Berangkat Naik Pesawat Tidak Perlu Syarat Vaksin Lagi 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menyebut bagi yang ingin menggunakan mode transportasi udara syarat wajib vaksin sudah tidak berlaku lagi. 

"Namun untuk kebaikan dan kesehatan bersama, kami mengharuskan minimal vaksin sampai dengan booster kedua," kata Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Palembang R Iwan Winaya Mahdar dikutip dikutip sumateraekspres.id, Senin 12 Juni 2023. 

R Iwan Winaya mengatakan, ketentuan baru tersebut berdasarkan SE Nomor 16/2023, ada anjuran agar penumpang pesawat rute domestik dan internasional tetap melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat.

"Dalam surat tersebut tercantum terkait aturan yang tadinya syarat wajib vaksin, menjadi anjuran," ujar R Iwan Winaya. 

BACA JUGA:11 Kabupaten di Sumsel Penuhi Syarat Vaksin Booster

R Iwan Winaya mengimbau kepada para penumpang untuk selalu memberlakukan perilaku hidup sehat dan bersih selama berada di areal Bandara.

"Yang merasa kurang enak badan, ya kita harapkan untuk secara sadar memakai Masker. Kemudian tetap menjaga kebersihan dengan selalu menerapkan cuci tangan," ungkap R Iwan Winaya. 

Sementara itu, VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro menambahkan, SE Nomor 16/2023 itu diterapkan di 20 bandara yang dikelola perseroan.

"Jadi protokol kesehatan bagi penumpang pesawat di Bandara SMB II harus merujuk ke SE tersebut," jelas Cin Asmoro. 

BACA JUGA:Boleh Pulkam, Airlangga Ingatkan Camat Syarat Vaksinasi Pemudik

Selain itu lanjut Cin Asmoro, penumpang boleh tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat.

"Intinya, ini sesuai SE Nomor 16/2023, juga ada anjuran agar penumpang pesawat membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala," tegas Cin Asmoro. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: