Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Wakapolda Sumsel Serahkan Air Suci ke Mabes Polri

Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Wakapolda Sumsel Serahkan Air Suci ke Mabes Polri

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain menyerahkan air suci untuk dibawa ke Mabes Polri yang dikawan Sat Brimob Polda Sumsel. Foto: dokumen/sumeks.co--

Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Wakapolda Sumsel Serahkan Air Suci ke Mabes Polri

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77, Polda Sumsel menggelar acara tradisi pengambilan dan penyerahan air suci.

Dipimpin Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSI di halaman VVIP Mapolda Sumsel Senin 12 Juni 2023 pagi.

Prosesi tersebut, dilakukan di sumber mata air dari pegunungan di Kota Pagar Alam yang berjarak sekitar 291,3 KM dari kota Palembang. 

Wakapolda melalui Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM menjelaskan, bahwa pengambilan air ini akan dipergunakan untuk menyiram panji-panji Polri pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara pada 1 Juli 2023 nanti.

BACA JUGA:Meriahkan HUT Bhayangkara, Polda Sumsel Bakal Gelar Lomba Kontes Mobil

“Air suci yang diambil ini, nantinya akan dikirim ke Mabes Polri untuk dijadikan satu dengan 34 Polda jajaran se-Indonesia,” ucapanya.

Kabidhumas menjelaskan, dipilihnya lokasi sumber air ini karena memiliki nilai historis yang kuat bagi masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Selatan. 

“Pengambilan air ini sendiri, tidaklah sembarangan. Jadi setelah air diambil dan dimasukkan ke dalam kendi selanjutnya air tersebut dikawal oleh personel Sat Brimob Polda Sumsel dengan membawa bendera merah putih,” terang Supriadi.

Lebih lanjut perwira berpangkat melati tiga tersebut, menjelaskan makna dari kegiatan ini adalah menanamkan rasa kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebanggaan terhadap kesatuan yaitu Polri.

BACA JUGA:Menjelang Peringatan HUT Bhayangkara ke-76, Kapolda Sumsel Ziarah di TMP

“Oleh sebab itu, untuk bisa mendapatkan air suci tersebut dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kearifan lokal tempat kami bertugas,” tutup Alumni Akpol 91 ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: