Haji Ramah Lansia, Ini Nih Tips Aman Bagi Jemaah Risti dan Lansia yang akan Melakukan Ibadah Sa'i

Haji Ramah Lansia, Ini Nih Tips Aman Bagi Jemaah Risti dan Lansia yang akan Melakukan Ibadah Sa'i

Tips Aman Bagi Jemaah Risti dan Lansia yang akan Melakukan Ibadah Sa'i--

Haji Ramah Lansia, Ini Nih Tips Aman Bagi Jemaah Risti dan Lansia yang akan Melakukan Ibadah Sa'i

SUMEKS.CO - Ibadah Sa’i merupakan kegiatan berjalan dan berlari-lari kecil, yang dilakukan dari Bukit Shafa ke Marwah menempuh jarak lebih kurang 405 meter.

Begitu sampai di Marwah, para jemaah haji atau jemaah umroh harus kembali lagi ke Shafa, dan kegiatan ini dilakukan sebanyak tujuhh kali bolak balik atau pulang-pergi.

Ibadah Sa'i harus dilakukan setelah melaksanakan Thawaf. Ibadah Sa'i merupakan salah satu rukun haji dan juga rukun umroh yang wajib dilaksanakan.

BACA JUGA:95 JCH Lansia Tergabung Dalam Kloter 14 Tiba di Asrama Haji Palembang

Untuk melaksanakan Ibadah Sa'i tentunya dibutuhkan tenaga dan fisik yang prima. Tak heran, Ibadah Sa'i sangat cocok dilakukan oleh jemaah berusia muda.

Namun, bagaimana kalau jemaah haji atau jemaah umroh itu sudah berumur lanjut usia? Kemudian, jemaah tersebut juga tergolong memiliki risiko tinggi (Risti).

Apalagi, tahun ini, jemaah haji asal Indonesia sebagian besar tergolong Lansia dan juga Risti. Karena, Kementerian Agama RI menyebut pelaksanaan haji tahun 2023 ini "Haji Ramah Lansia".

Menurut Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Ramadhan Harisman, Ibadah Haji merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik jemaah. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Asal Luwu Utara Terlantar di Madinah, Mengaku Diusir dari Hotel, Ini Faktanya!

"Bagi jemaah yang tergolong kategori Risti dan Lansia, butuh strategi untuk bisa menjalankan ibadah umrohnya dengan baik dan aman terutama saat Sa’i," katanya.

Ditambahkan Ramadhan, butuh tips khusus bagi jemaah dengan kategori Risti dan Lansia saat akan melaksanakan Ibadah Sa'i nantinya.

"Jemaah haji bisa menggunakan metodenya istirahat-istirahat,” terangnya melalui keterangan persnya, Minggu, 11 Juni 2023.

Adapun tips yang bisa dilakukan para jemaah haji saat melaksanakan Ibadah Sa'i, yakni :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: