2 Dosen Universitas Bina Darma Palembang Terpilih Sebagai Classifier 12Th Asean Para Games Cambodia 2023

2 Dosen Universitas Bina Darma Palembang Terpilih Sebagai Classifier 12Th Asean Para Games Cambodia 2023

2 Dosen Universitas Bina Darma Palembang Terpilih Sebagai Classifier 12Th Asean Para Games Cambodia 2023.--

2 Dosen Universitas Bina Darma Palembang Terpilih Sebagai Classifier 12Th Asean Para Games Cambodia 2023

SUMEKS.CO - Kabar membanggakan datang dari Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma (UBD) Palembang.

Pasalnya dua dosen dari Program Studi tersebut mendapatkan kesempatan dari Asean Parasport Federation (ASPF), untuk bertugas sebagai Classifier di 12th ASEAN Para Games Cambodia 2023, yang berlangsung sejak 30 Mei hingga 7 Juni 2023.

Dosen Universitas Bina Darma yang berhasil menjadi Classifier di 12th Asean para Games Cambodia 2023, yakni Dr. Muslimin, M. Pd bertugas sebagai Classifier para Badminton (Physical Impairment) dan Dr. Aprizal Fikri, M. Pd. bertugas sebagai Classifier para Chess (Physical Impairment).

ASEAN Para Games, merupakan ajang kompetisi olahraga multi event untuk disabilitas yang diikuti oleh negara-negara di Asia Tenggara dan dilaksanakan setiap 2 tahun.

BACA JUGA:Apriyadi Sisir Pelosok, Beri Bantuan Mobil Ambulans untuk Warga Muba

ASEAN Paragames secara garis besar terbagi menjadi 3 jenis disabilitas:

  1. Physical Impairment (PI)
  2. Visual Impairment (VI)
  3. Intelectual Impairment (II).

Ketiga kategori disabilitas tersebut dibagi lagi menjadi kelompok sesuai dengan cabang olahraganya masing-masing, serta sesuai dengan tingkat disabilitasnya.

Dikatakan Dr. Aprizal Fikri, M. Pd. untuk menjadi seorang Classifier di 12th ASEAN Para Games Cambodia 2023, yakni harus mengikuti International Classifier Course yang diselenggarakan oleh Asean Para Games komite.

“Manfaatnya untuk Program Studi Pendidikan Olahraga UBD tentu sangat baik sekali, karna ini bagian dari cabang olahraga disabilitas. Di Indonesia perkembangannya sudah baik sekali, sementara itu Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang menyumbangkan sebelas atlet yang mengikuti Asean Para Games Cambodia 2023 ini,” ujar Dr. Muslimin, M. Pd.

BACA JUGA:Bisa Dibikin Jus atau Tumisan, Berikut Manfaat Baik Daun Binahong

Oleh karenya Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma sangat mempunyai peluang untuk mengembangkan menjadi salah satu vendor, dan juga sebagai kolabolator untuk mengembangkan olahraga disabilitas di Sumatra Selatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: