Jemaah Calon Haji Sumsel Mulai Bergerak dari Madinah ke Makkah, 8 Orang Dilaporkan Wafat

Jemaah Calon Haji Sumsel Mulai Bergerak dari Madinah ke Makkah, 8 Orang Dilaporkan Wafat

Jemaah calon haji (JCH) asal OKU Timur Sumsel sudah bergerak dari Madinah ke Makkah. Foto: sumeks.co--

Jemaah Calon Haji Sumsel Mulai Bergerak dari Madinah ke Makkah, Gunakan Waktu Singkat di Bir Ali

SUMEKS.CO- Jemaah Calon Haji (JCH) mulai bergerak dari Madinah ke kota Makkah, termasuk jemaah calon Haji asal Sumsel yang sudah tiba di Madinah sejak 27 Mei 2023.

Diketahui, mulai 1 Juni sudah mulai masuk kota Makkah sebanyak 1.889. Dalam perjalanan dari Madinah jemaah melakukan umrah wajib. 

Jemaah yang sudah mulai masuk ke Makkah adalah jemaah asal OKU Timur, berturut-turut jemaah dari Prabumulih. Mereka telah tiba di Madinah pada 27 dan 28 Mei 2023.

Perjalan dari Madinah ke Makkah ini memakan waktu sekitar 5-6 jam naik bus, dengan jarak tempuh perjalanan 450 KM.

Mereka mengambil miqot makani untuk meakukan ihram haji di masjid Dzulhulaifah atau sering kita kenal dengan daerah Bir Ali. 

Di tempat Bir Ali ini jemaah behenti selama 30 Menit.  Ada jemaah yang sudah memakai kain ihram dari Madinah ada yang memakai ihram dadakan di Bir Ali.

Inilah awal niat yang harus ditata oleh jemaah. Niat Ihram ini adalah termsuk rukun Haji. Rukun adalah sesutunyang harus dilakukan. Jika tidak dinat hajinya tidak sah.

BACA JUGA: Musim Haji 2023, Bandara SMB II Siap Layani Penerbangan Jemaah Calon Haji Sumsel

Niat diucapkan di lisan besamaan di hati. Adapun bunyinya niatnya adalah: 

Nawaitul hajja wa ahramtu bihi lillahi ta’ala, labbaik allahumma labbaik. Artinya  aku niat haji dan berihram karena Allah SWT, aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah’.

فَيَقُولُ بِقَلْبِهِ وَلِسَانِهِ نَوَيْتُ الْحَجَّ وَأَحْرَمْت بِهِ لِلَّهِ تَعَالَى لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ

Atau niat sekaligus. Nawaitul hajja wal ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala. Saya berniat melaksanakan haji sekaligus umrah dan berihram karena Allah SWT.

Di Bir Ali ini jemaah bisa melakukan salat sunah tahiyatul masjid, salat sunah ihram. Jemaah harus menggunakan waktu yang singkat di tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: