MASYAALLAH! Rusna Minin JCH Tertua Ogan Ilir, Sisihkan Upah Pande Emas Sejak Muda untuk Ongkos Haji

MASYAALLAH! Rusna Minin JCH Tertua Ogan Ilir, Sisihkan Upah Pande Emas Sejak Muda untuk Ongkos Haji

Rusna Minin JCH Tertua Ogan Ilir, Sisihkan Upah Pande Emas Sejak Muda untuk Ongkos Haji--

MASYAALLAH! Rusna Minin JCH Tertua Ogan Ilir, Sisihkan Upah Pande Emas Sejak Muda untuk Ongkos Haji

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Rusna binti Minin (91) asal Kelurahan Tanjung Batu Timur Kecamatan Tanjung Batu, menjadi Jemaah Calon Haji (JCH) tertua di Kabupaten Ogan Ilir.

Menjadi JCH tertua, tidak lantas membuat semangat Rusna Minin kendor. Rusna Minin malah bertambah semangat, ketika dipastikan akan berangkat ibadah haji ke Tanah Suci.

Semangat yang terus dijaga Rusna Minin, dikarenakan perjuangannya untuk berangkat haji ke Tanah Suci, bukanlah hal yang mudah. Karena, Rusna Minin harus mengumpulkan uang sejak masih muda.

BACA JUGA:Woww! Indonesia Urutan 1, Ini 6 Negara Dengan Kuota Haji Terbanyak Tahun 2023

Rusna Minin mengaku, uang yang digunakannya untuk ongkos berangkat haji ini berasal dari upah menjadi pande emas yang dikumpulkannya sejak masih usia muda dulu.

"Waktu itu anak-anak masih pada kecil-kecil. Sekali nabung per bulannya paling ratusan ribu," ujarnya kepada SUMEKS.CO di kediamannya, Selasa, 30 Mei 2023.

Ditambahkan ibu dari delapan anak, 30 cucu serta 15 cicit ini, uang yang dikumpulkannya untuk ongkos berangkat haji ini telah dilakukan selama puluhan tahun.

"Jadi daftarnya sekitar tahun 2015-an. Setoran pertama itu ya uang hasil tabungan itu," ucapnya.

BACA JUGA:HOT INFO, Ini 5 Tips Agar Jamaah Haji Terhindar Orkestra Batuk Saat Menjalankan Ibadah, Nomor 3 Paling Penting

Menurut Rusna Minin, sebelum dipastikan berangkat pada tahun ini, sebelumnya Rusna dijadwalkan berangkat haji pada tahun 2020 lalu.

Namun, karena pandemi Covid dan juga kebijakan pemerintah pada tahun 2022 lalu, akhirnya Rusna diberangkatkan tahun ini.

Rusna Minin mengaku, saat menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci nanti, dirinya akan berangkat dibantu oleh salah seorang petugas haji. Karena, saat berhaji Rusna Minin harus menggunakan kursi roda.

"Ya ada petugas haji dari warga kita juga yang akan membantu. Kalau dari keluarga tidak ada yang mendampingi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: