Pemkot Palembang Sebut Belum Ada Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan dari UMKM

Pemkot Palembang Sebut Belum Ada Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan dari UMKM

Usaha pembuatan kain jumputan di Kota Palembang.--dok : sumeks.co

Pemkot Palembang Sebut Belum Ada Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan dari UMKM 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Terhitung sejak tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyebut belum ada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengajukan pinjaman melalui program kredit tanpa agunan

"Kami melihat dimungkinkan karena saat ini sudah banyak alternatif pinjaman dari perbankan lain, yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM," kata Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Parameswari dikutip SUMATERAEKSPRES.ID, Senin 29 Mei 2023. 

Parameswari mengatakan, dimana pada tahun pertama jumlah UMKM yang mengusulkan pinjaman mencapai 1.000 usaha, disetujui menerima pinjaman sebanyak 944 UMKM.

Kemudian pada 2018 jumlah yang mengusulkan bertambah menjadi 4.390 usaha, namun yang menerima pinjaman sebanyak 1.466 UMKM, dan 2019 ada 1.788 usaha disetujui dari jumlah pemohon 4.020 UMKM.

BACA JUGA:CATAT! Hari Raya Idul Adha Palembang Butuh 4 Ribu Ekor Hewan Kurban, Pastikan Beli yang Sudah Bersertifikat!

"Selain itu, kami masih menerima permohonan pinjaman tahun ini jika ada pelaku UMKM yang ingin mengajukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM," ujar Parameswari. 

Lanjut Parameswari, adapun persyaratan menjadi penerima kredit UMK tanpa bunga dan agunan ini cukup mudah. Yaitu menyertakan Kartu Keluarga (KK), KTP suami istri, akta nikah/cerai, rekening listrik, surat keterangan usaha dari lurah, rekomendasi camat.

Kemudian surat pengantar dari Camat ke Dinas Koperasi dan UMKM, formulir aplikasi bank, foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, dan foto tempat usaha.

"Selanjutnya berkas tersebut akan diserahkan kepada BPR Palembang ini diverifikasi. Pemberian pinjaman oleh BPR Palembang, kita hanya memfasilitasi UMKM yang mau mengajukan. Pemkot hanya menanggung bunga subsidi," ungakap Parameswari.

BACA JUGA:UPDATE! Perumda Tirta Musi Palembang Target Pemasangan Sambungan Baru 15 Ribu Pelanggan

Sebelumnya Wali Kota Palembang, H Harnojoyo mengatakan warga bisa melakukan pinjaman modal usaha tanpa ada bunga dan agunan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: