Tinjau Keberangkatan Jemaah Calon Haji 2023, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Jemaah Dapat Pelayanan Terba

Tinjau Keberangkatan Jemaah Calon Haji 2023, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Jemaah Dapat Pelayanan Terba

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya, meninjau keberangkatan jemaah calon haji 2023, Sabtu 27 Mei 2023.--

Tinjau Keberangkatan Jemaah Calon Haji 2023, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pastikan Jemaah Dapat Pelayanan Terbaik

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menghadapi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel melalui Imigrasi akan berikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan maupun kepulangan Jemaah calon haji embarkasi dan debarkasi Palembang. 

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya saat meninjau proses keberangkatan jemaah calon haji kloter 1 melalui embarkasi Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, pada kegiatan itu Kakanwil Ilham Djaya turut didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengungkapkan keberangkatan Jemaah calon haji asal Sumsel kloter pertama dimulai pada hari ini, Sabtu 27 Mei 2023.

Selain itu, ada juga jemaah yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung yang keberangkatannya melalui embarkasi Palembang.

BACA JUGA:WASPADA! Jalan Alternatif Menghubungkan 6 Desa Di Kecamatan Kikim Selatan Longsor

“Berdasarkan data, Embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.192 jamaah tahun ini. Rincian jamaah terdiri dari 7.012 jamaah asal Sumsel, 1.065 jamaah dari Bangka Belitung, dan 115 petugas kloter yang akan diberangkatkan dalam 23 kelompok terbang (kloter),” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya.

Untuk keberangkatan jemaah calon haji kloter I hari ini, berjumlah 359 orang dengan rincian jemaah haji laki-laki 162 orang dan jemaah haji wanita 197 orang.

Kloter I merupakan jemaah dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Mereka diberangkatkan menggunakan pesawat  dengan nomor penerbangan SV5581 pada hari sabtu 27 Mei 2023 pukul 09.50 WIB di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Mengenai mekanisme Pemeriksaan Paspor Jemaah Haji, Kepala Kantor Imigrasi Palembang, M. Ridwan menambahkan pada tanggal 27 Mei 2023, petugas imigrasi sudah tiba di asrama haji 4 hingga 5 jam sebelum keberangkatan, untuk melaksanakan Pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan Paspor Jemaah Haji.

BACA JUGA:SUBHANALLAH! Madinah Ternyata Miliki Danau Misterius, Lihat Penampakannya Auto Takbir

Sebelumnya kata Ridwan Paspor sudah dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel.

“Dengan pengumpulan paspor secara kolektif menghindarkan antrian jemaah dalam pemeriksaan keimigrasian”, ungkapnya.

Ridwan menambahkan, 1 jam sebelum keberangakatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi di kembalikan lagi ke pada calon jemaah haji yang sudah datang menunggu di dalam ruang tunggu keberangakatan di asrama haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: