Penelusuran Sejarah Palembang, Masyarakat Bisa Serahkan Naskah Kuno

Penelusuran Sejarah Palembang, Masyarakat Bisa Serahkan Naskah Kuno

Diskusi penelusuran sejarah naskah kuno Palembang.--

Penelusuran Sejarah Palembang, Masyarakat Bisa Serahkan Naskah Kuno

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang menghimbau kepada masyarakat jika memiliki naskah kuno untuk dapat diserahkan kepada pemerintah. 

"Ini tujuannya, untuk merawat dan menjaga kelestarian koleksi nasional dan naskah kuno yang ada," kata Sejarawan Kota Palembang Kemas Ari Panji pada acara sosialisasi di  Kantor Lurah 32  Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang dikutip SUMATERAEKSPRES.ID, Sabtu 27 Mei 2023. 

Dia berharap di zaman era globalisasi ini, sejarah Palembang yang belum diketahui masyarakat bisa terungkap. Dalam artian terang benderang dan generasi muda bisa mengetahuinya serta peneliti dapat menulis lagi.

"Saya bertujuan seperti yang kita lakukan selama ini," ujar Ari Panji.

Sementara itu, Lurah 32 Ilir, Budhiman SSTP MH menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang.

BACA JUGA:Tim Basket Putri Mengukir Sejarah dengan Raih Emas SEA Games 2023, Berikut Klasemennya

"Atas kerja sama dinas dan kecamatan, maka sosialisasi digelar di tempat kita. Kami undang ketua RT yang memiliki potensi-potensi sejarah. Selain itu ada tokoh masyarakat yang kami nilai layak diundang ke sini dan mengetahui potensi sejarah atau memegang data terkait naskah kuno," ungkap Budhiman 

Masih dikatakan Budhiman, dengan pertemuan ini pihaknya akan menindaklanjutinya dengan akan langsung turun ke lapangan untuk mengambil copy-an secara digital.

"Tapi lebih bagus lagi jika masyarakat memiliki naskah kuno dapat menyerahkan datanya ke pemerintah atau Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang," jelas Budhiman. 

Terlebih berdasarkan hasil diskusi ada beberapa warga memegang naskah kuno, baik itu silsilah Kesultanan Palembang Darussalam atau lainnya seperti tulisan prasasti dan gambar yang melukis sosok Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. 

"Untuk Gambar SMB II sudah diserahkan ke Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa Palembang," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: