Selain Cegah Konflik Sosial, Tugas Polisi RW Polda Sumsel Prioritaskan Cegah Karhutlabun

Selain Cegah Konflik Sosial, Tugas Polisi RW Polda Sumsel Prioritaskan Cegah Karhutlabun

Tugas Polisi RW Polda Sumsel Prioritaskan Cegah Karhutlabun. Foto: dokumen/sumeks.co--

Selain Cegah Konflik Sosial, Tugas Polisi RW Polda Sumsel Prioritaskan Cegah Karhutlabun

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Polisi RW bertugas bermitra dengan masyarakat, mendeteksi dini keamanan, mengedukasi kamtibmas dan permasalah sosial. Selain itu juga mendukung fungsi kepolisian di lingkungan RW.

“Berharap Polisi RW dapat memprioritaskan pencegahan Karhutlabun dengan upaya mengedukasi masyarakat selain mencegah permasalahan dimasyarakat konflik sosial dan Harkamtibmas,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.

Penekanan tersebut disampaikan Kapolda didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen M Zulkarnain saat mendengar paparan secara virtual Kapolres/Tabes jajaran Polda Sumsel. 

Dalam paparan Dir Binmas Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat SIK MM, selain membahas Polisi RW juga dibahas aplikasi Binmas online System (BOS V2 ) Dit Binmas Polda Sumsel.

BACA JUGA:Sambangi Driver Ojol, Ditbinmas Polda Sumsel Sampaikan Harkamtibmas

“Polisi RW ini merupakan program dari kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan basis kewilayahan,” terangKapolda.

Nantinya, Polisi RW akan berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan Ketua RW, termasuk bersama dengan tokoh masyarakat setempat.

“Tentunya, dengan tujuan secara umum adalah menggandeng kerja Bhabinkamtibmas yang sejak lama sudah terbentuk dan berjalan, termasuk menyelesaikan perkara ringan, perselisihan warga dan berdialog dengan warga terkait semua permasalahan,” jelasnya.

Diketahui, Binmas Online System (BOS V2) merupakan aplikasi yang ditujukan untuk personel Bhabinkamtibmas, Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, Senkom Mitra Polri dan masyarakat umum.

BACA JUGA:Ditbinmas Polda Sumsel Sosialiasi Harkamtibmas Angkutan Perairan Sungai Musi

Dimana tugas dan fungsinya untuk membantu Korbinmas Baharkam Polri menjalankan fungsi pembinaan masyarakat.

“Agar tercipta masyarakat mulai desa, kota yang aman, tenteram, dan damai, dengan melibatkan seluruh fungsi Kepolisian di Polda, Polres/Tabes hingga Polsek,” katanya lagi.

Mulai anggota Polri pangkat bintara hingga pamen dan mencatatkan permasalahan masyarakat dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: