Melihat Rumah Ratusan Tahun Milik Baba Boentjit di Palembang, Waw Instagramable Lo

 Melihat Rumah Ratusan Tahun Milik Baba Boentjit di Palembang, Waw Instagramable Lo

Rumah Baba Boentjit di Jalan Faqih Usman Lorong Saudagar Yucing Kelurahan 3/4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang --

Melihat Rumah Ratusan Tahun Milik Baba Boentjit di Palembang 

PALEMBANG-SUMEKS.CO-Kalau anda ke Palembang perlu mampir ke Rumah Baba Boentjit. Salah satu Ikon Kekayaan Arsitektur Budaya Tionghoa Tempo Dulu di Palembang.

Waw, Instagramable Lo.

Ya rumah ini rumah yang dibagun sekitar 300 tahun lalu yang  berada di Jalan Faqih Usman Lorong Saudagar Yucing Kelurahan 3/4 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang masih berdiri dengan kokoh. 

Rumah ini dimiliki oleh seorang Saudagar terkenal Ong Boentjit pada tempo dulu dan kini dihuni oleh keluarga keturunan yang kedelapan.

Rumah Saudagar Ong Boentjit ini sekarang lebih dikenal Rumah Baba Boentjit apalagi sejak ditetapkanya rumah ini menjadi bagunan cagar budaya oleh Pemerintah kota Palembang. 

BACA JUGA:Hari Terakhir Perayaan Cap Go Meh Pulau Kemaro, Ribuan Umat Tionghoa Ziarah ke Makam Tan Bun An & Siti Fatimah

Bukan tanpa alasan dijadikan bagunan cagar budaya disamping usianya yang sudah mencapai 300 ratusan, bagunan ini dibagun dengan peraduan ornamen Tiongkok dan eksterior khas Palembang serta keaslian bagunan ini yang tebuat dari kayu masih tetap dipertahankan. 

Sekarang hampir setiap hari ada saja  wisatawan baik dari Palembang, luar kota Palembang bahkan mancanegara ujar Budiman yang kini menghuni Rumah Baba Boentjit bersama istri dan anaknya. 


Rumah Baba Boentjit, Salah satu Ikon Kekayaan Arsitektur Budaya Tionghoa Tempo Dulu di Palembang.--

Budiman pun meyampaikan seiring waktu ketika wisatawan mulai sering berkunjung ke Rumah Baba Boentjit kami pun  mulai berinovasi dengan menyediakan berbagai souvenir, hidangan kuliner khas Palembang yang berkolaborasi dengan masyarakat sekitar Rumah Baba Boentjit.

Kalau sekarang di Rumah Baba Boentjit ini bukan hanya wisatawan yang bekunjung tetapi ada juga dari akademis seperti dan Poltek Unsri, dari ITB, IGM dan universitas lainya. Tujuan mereka untuk melihat bentuk,  ornamen dan konstruksi bangunan Rumah Baba Boentjit. 

BACA JUGA:3 Abad Berdiri, Kelenteng Dewi Kwan Im Palembang, Favorit Warga Tionghoa Belahan Dunia

Adapun bila kita ingin berkunjung ke Rumah Baba Boentjit di sarankan untuk menggunakan transportasi air menyusuri Sungai Musi dengan perahu ketek karena di Rumah Baba Boentjit sudah ada Dermaga yang representatif.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: