Luar Biasa... ini 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Penyakit Hati

Luar Biasa... ini 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Penyakit Hati

Ilustrasi.--

BACA JUGA:Buah Black Sapote Tidak Hanya Lezat, Tapi Juga Punya Manfaat Buat Kesehatan

Daun sirih merah dipercaya dapat mengurangi sekresi pada vagina, keputihan, dan gatal-gatal pada alat kelamin. Karena adanya kandungan eugenol. Senyawa itu bisa menurunkan pH vagina dan mengobati keputihan. 

Penggunaan air rebusan daun sirih ke area kewanitaan jangan terlalu sering karena bisa mengubah pH vagina. 

5. Obat Batuk

Bagi yang sedang batuk juga bisa konsumsi daun sirih. Yakni dengan cara merebusnya. Air rebusannya juga bisa meredakan pilek. 

Jadi cukup rebus daunya beberapa helai dan bisa ditambahkan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Minum ramuan ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari. 

6. Mengobati Penyakit Hati

Ekstrak daun sirih merah memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan. Keduanya dapat bermanfaat untuk mengatasi kerusakan hati. 

7. Menurunkan kolesterol

BACA JUGA:Bukan Hanya Tombongnya, Air Kelapa Tua Juga Baik untuk Kesehatan Tubuh Lho!

Bagi anda yang kolesterol juga bisa mengkonsumsi daun sirih. Karena didaun sirih  ada kandungan eugenol yang dapat menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di hati, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus. 

8. Mengatasi Depresi

Mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih ternyata dapat memicu otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Adanya hormon bahagia ini bisa membantu mengatasi perasaan depresi dan kecemasan. 

9. Mengatasi Radang Mata

Antibakteri yang terkandung dalam ekstrak daun sirih ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi konjungtivitis atau radang mata akibat bakteri Staphylococcus aureus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: