Luar Biasa... ini 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Penyakit Hati

Luar Biasa... ini 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Penyakit Hati

Ilustrasi.--

SUMEKS.CO - Tanaman daun sirih cukup banyak dijumpai di lingkungan sekitar rumah. Rupanya tanaman yang hidupnya dengan menjalar ini banyak khasiatnya bagi kesehatan. 

Daun sirih rasanya pahit, tetapi banyak manfaat. Berikut manfaat Daun sirih merah yang bisa kamu coba. Salah satunya dapat menghambat sel kanker

Daun sirih merah dengan namanya  Piper crocatum, temasuk salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan di indonesia. Dahulu sirih dikunyah oleh para orang tua karena yakin tanaman ini dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi. Manfaat lainnya. 

1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Yakni khasiatnya dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam daun sirih merah mengandung senyawa yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Kandungan flavonoid, alkaloid, dan tanin menjadi senyawa aktif yang terkandung di dalam daun sirih merah. Khususnya flavonoid, senyawa ini berperan dalam merangsang sel yang menyebabkan terjadinya peningkatan sekresi insulin, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. 

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Sirih, Nomor 2 Bisa Turunkan Kolesterol

2. Menghambat Sel Kanker

Senyawa alkaloid yang terkandung di dalam daun sirih merah ternyata dapat memiliki sifat antineoplastik. Tanaman ini setelah dikonsumsi oleh penderita yang sakit dapat bekerja ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

Manfaatnya telah terbukti pada kanker usus besar.  Rupanya berpotensi menghambat protein penanda kanker usus besar. Sehingga daun sirih menjadi salah satu pengobatan antikanker yang dapat dipertimbangkan. 

3. Menyembuhkan luka

Daun sirih merah  juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Karena daun sirih mengandung senyawa saponin yang dapat memicu pembentukan kolagen dengan membentuk jaringan baru. Senyawa tersebut memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. 

4. Merawat Organ Intim Wanita

Bagi masyarakat khusus kaum perempuan, sering kali, daun sirih merah digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga kebersihan kewanitaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: