FAKTA TERBARU, Minyak Goreng Bisa Langka Gegara 3 Hal Ini, Bukan Hantaman Fenomena EL Nino di Agustus 2023

FAKTA TERBARU, Minyak Goreng Bisa Langka Gegara 3 Hal Ini, Bukan Hantaman Fenomena EL Nino di Agustus 2023

Fenomena El Nino bukan satu satunya pemicu sering langkanya minyak goreng dipasar.-foto:wiwik-

FAKTA TERBARU, Minyak Goreng Bisa Langka Gegara 3 Hal Ini, Bukan Hantaman Fenomena EL Nino di Agustus 2023

SUMEKS,CO - Ternyata, bukan efek El Nino yang jadi ancamanan pengusaha dan industri kelapa sawit Indonesia. Justru ada 3 persoalan krusial yang bisa bikin harga minyak goreng di pasar meroket saat ini.

Seperti diprediksi BMKG, fenomena El Nino menghampiri Indonesia pada Agustus 2023.

BACA JUGA:The Power Of Habib Rizieq Shihab! Usai Beri Tamparan Keras Soal Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang Ditangkap?

Dampaknya, hampir seluruh wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem, kekeringan parah dan musim kemarau yang lebih panjang.

Menurut CEO Gabungan Industri Minyak Nabadi Indonesia (Gimni) Sahat Sinaga, El Nino tidak perlu jadi momok. Fenomena Alam El Nino ternyata tidak perlu ditakuti industri kelapa sawit.

Khususnya bagi ancamanan kenaikan harga dan minyak goreng langka di pasaran.  Ada 3 hal lain yang perlu dikuatirkan sebenarnya, menurut Sahat Sinaga.

Memang diakui Sahat, secara hitung-hitungan, cuaca panas yang dipicu EL Nino di Samudera Hindia, menyebabkan tingginya uap air.

Beberapa provinsi dengan perkebunan sawit terbesar Sumatera Utara dan Sumatera Barat dapat saja ketiban banjir besar akibat efel EL Nino 2023. Namun, menurut dia, hal itu tidak terlalu memprihatinkan.

BACA JUGA:KOTA Ini Terdampak Bencana Kekeringan Paling Parah Akibat Efek EL Nino 2023, Berikut Daftarnya..

“Sehingga sebagian perkebunan sawit di  25 provinsi terpapar udara kering dan sebagian  perkebunan sawit masih berproduksi dengan baik. Kemungkinan penurunan produksi sawit akibat El Nino yang berubah-ubah ini tidak terlalu signifikan,” jelas Sahat.

Pada saat yang sama, katanya, industri kelapa sawit memiliki masalah lain yang lebih mendesak. 

Berikut 3 hal urgen soal industri sawit menjadi perhatian dan mendesak ditangani:


Industri Kepala Sawit Indonesia menilai hantaman EL Nino bukan satu satunya penyebab harga minyak goreng naik.-foto sumeks.co-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: