Putri Malu, Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Kronis, Kecemasan dan Gondongan

Putri Malu, Tanaman Liar Ini Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Kronis, Kecemasan dan Gondongan

Tanaman Putri Malu yang akan menutup daunnya ketika disentuh.--dok : sumeks.co

Zat antioksidan ini punya sifat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk dari radikal bebas yang bisa menyebabkan stress oksidatif.

BACA JUGA:Tips Jitu! Rebusan Daun Mangga Efektif Turunkan Kadar Gula Darah Mengindari Resiko Diabetes, Begini Caranya...

Nah efek dari stress oksidatif ini turut berkontribusi pada beberapa penyakit kronis seperti kanker.

Penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan flavonoid dalam putri malu ini dapat membantu mencegah penyakit degenerative yang meliputi kanker, jantung koroner dan alzheimer.

2. Menghilangkan Kecemasan

Avicenna Journal of Phytomedicine yang melakukan penelitian pada tikus pada tahun 2016 lalu menghasilkan bahwa putri malu punya zat yang bisa menjadi anti kecemasan, anti depresi dan peningkatan memori pada tikus.

BACA JUGA:Woww, Buah Bit Miliki 8 Manfaat bagi Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tambah Stamina

Secara tradisional, tanaman putri malu ini digunakan untuk mengatasi depresi, penuh tekanan dan stress melalui ekstrak seluruh bagian tumbuhan.

3. Mengatasi Gondongan

Gondongan merupakan pembengkakan yang terjadi di daerah leher tepatnya diwajah dekat telinga yang terjadi akibat infeksi virus.

Pengobatan secara tradisional bisa dilakukan dengan istirahat total, meminum cukup cairan dan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit.

BACA JUGA:Ternyata! Buah Ciplukan Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Konsumsinya

Nah mengkonsumsi putri malu juga dapat mempercepat penyembuhan gondongan.

Menurut studi dalam Indian Journal of Virology pada tahun 2013 menyebutkan manfaat dari tanaman putri malu yang mengandung anti virusnya dan menunjukkan putri malu bisa menghambat virus gondong. 

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: