6 Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

6 Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh

Foto : Pixabay.com--

SUMEKS.CO - Risiko kesehatan dari merokok sering disebutkan dalam berbagai diskusi. Ya, merokok dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung koroner, kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif, dan stroke.

Kandungan dalam rokok terdiri dari ribuan zat yang dapat membahayakan tubuh. Konsekuensi atau bahaya merokok mungkin tidak langsung terlihat. 

Namun seiring berjalannya waktu, berbagai zat yang terkandung dalam rokok dapat berbahaya bagi tubuh.

Berikut berbagai bahaya atau dampak negatif merokok bagi kesehatan yang harus anda waspadai.

BACA JUGA:Bantu Pemulihan Pasca Gempa Cianjur, BRI Peduli Terus Layani Masyarakat Terdampak

1. Resiko kanker

Dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention, merokok merupakan 90% penyebab kematian akibat kanker paru-paru.

Ini tidak hanya menyebabkan masalah paru-paru pada perokok tetapi juga dapat menyebabkan kanker di bagian tubuh lainnya.

Saat sel-sel tubuh terpapar asap rokok, sel-sel tersebut juga berisiko. Apa pun jenis tembakau yang anda hisap, risiko kanker tidak dapat dihindari. 

Oleh karena itu, efek negatif rokok terhadap organ tubuh sangat berbahaya karena dapat rusak secara perlahan.

BACA JUGA:Personel Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel Dilibatkan di Apel Kesiagaan Bencana

2. Resiko diabetes

Perokok aktif memiliki risiko 30-40% lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan bukan perokok. Ini karena nikotin dalam rokok dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

Selain itu, bahan ini juga dapat mengubah proses kimia dalam sel, membuatnya tidak responsif terhadap insulin. Kondisi ini disebut  resistensi insulin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: