Woww, Buah Bit Miliki 8 Manfaat bagi Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tambah Stamina

Woww, Buah Bit Miliki 8 Manfaat bagi Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tambah Stamina

Buah bit yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.--dok : sumeks.co

Woww, Buah Bit Miliki 8 Manfaat bagi Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Tambah Stamina

SUMEKS.CO - Makan buah merupakan salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan vitamin bagi tubuh manusia. Buah memang mengandung banyak vitamin.

Buah tidak hanya mengandung vitamin tapi juga zat lain yang juga baik bagi tubuh. Seperti serat yang bisa mencegah sembelit.

Semua buah berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya buah bit, yang berwarna merah keunguan.

Secara umum buah bit memiliki 8 manfaat bagi kesehatan. Namun buah bit juga bisa sebagai pewarna makanan dan pemanis minuman.

BACA JUGA:Ternyata! Buah Ciplukan Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Konsumsinya

Berikut uraian mengenai 8 manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh :

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa memicu terjadinya berbagai penyakit serius, seperti serangan jantung, gagal jantung, hingga yang sangat menakutkan stroke.

Buah bit menurut beberapa penelitian dapat menurunkan tekanan darah hingga mencapai angka 4-10 mmHg lebih rendah berselang beberapa jam setelah mengonsumsinya.

BACA JUGA:Jangan Ragu! Ini Manfaat Konsumsi Buah Pir yang Tidak Banyak Orang Tahu

Ya, karena buah bit memiliki kandungan nitrat. Dalam tubuh manusia, nitrat akan diproses menjadi oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Meningkatkan Stamina

Bagi pria stamina atau daya tahan sangat berguna. Itulah kenapa buah bit dapat menjadi makanan ideal atlet karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Nitrat, yang terdapat dalam buah bit memiliki khasiat meningkatkan kemampuan mitokondria dalam menjalankan tugasnya memproduksi energi dari sel-sel dalam tubuh.

BACA JUGA:Ini 4 Manfaat Buah Semangka, Nomor 1 Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian terhadap sembilan atlet sepeda menunjukkan minum jus buah bit sebelum berolahraga dapat meningkatkan hingga 2,8% performa pada atlet yang bersepeda sejauh 4 kilometer (km) dan 2,7% pada atlit yang menempuh jarak 16,1 km.

Mengatasi Peradangan

Peradangan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi buah bit. Kandungan betalain, yaitu pigmen yang memiliki sifat anti-inflamasi dalam buah bit dapat membantu tubuh mengatasi berbagai peradangan.

Penelitian pada tahun 2014 menunjukkan jus dan ekstrak buah bit dapat mengurangi peradangan ginjal. Sementara penelitian lain betalain, yang juga ditemukan pada buah bit, dapat mengurangi rasa sakit dan tak nyaman akibat osteoarthritis.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah bit kaya akan seratnya. Yakni mengandung sekitar 3,4 gram serat dalam satu cangkir jus buah bit.

Serat dalam buah bit memiliki manfaat untuk membantu makanan bergerak melalui usus. Memudahkan buang air besar dan terhindar dari berbagai masalah pencernaan tentunya.

Konsumsi buah bit memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak.

Tentunya sangat baik bagi yang mengalami penurunan daya ingat.

Kembali kandungan nitrat pada buah bit dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara melebarkan pembuluh darah. Aliran darah menuju otak bisa lebih optimal.

Memengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan fungsi berpikir, seperti membuat keputusan dan memori kerja.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kecapi, Diyakini Mampu Mencegah Penyakit Kronis

Mencegah Kanker

Buah bit juga tinggi akan kandungan anti oksidan  yang dapat membantu mencegah kanker.

Ekstrak buah bit dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel tumor yang terdapat pada hewan. Ini menurut sebuah penelitian.

Sementara itu, penelitian pada sel manusia membuktikan bahwa ekstrak buah bit yang mengandung pigmen betalain dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

BACA JUGA:5 Buah yang Cocok untuk Musim Hujan, Membantu Meningkatkan Imunitas

Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori yang rendah dalam buah bit bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Sementara kandungan serat dan protein yang tinggi, memiliki peranan penting untuk menjaga berat badan ideal.

Buah bit memberikan manfaat dalam mengurangi nafsu makan dan membuat lebih cepat merasa kenyang, lantaran serat yang banyak.

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Diabetes

Mengonsumsi buah bit yang kaya akan antioksidan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Pada tahun 2019 lalu sebuah penelitian membuktikan bahwa antioksidan dalam buah bit, yaitu asam alfa lipoat, dapat mengatasi gejala Neuropati diabetes.

Itulah manfaat buah bit bagi kesehatan. Namun, tetap saja para peneliti masih harus terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

BACA JUGA:8 Jenis Buah Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Untuk mendapatkan kesehatan tentu tidak cukup dengan mengonsumsi buah bit saja.

Khasiat yang ada tak menjadikan buah bit sebagai pengganti obat-obatan medis. Tetap berkonsultasikepada dokter mengenai pengobatan terbaik.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: