Pemkab OKI Fokus Cegah 3 Penyakit ini

Pemkab OKI Fokus Cegah 3 Penyakit ini

Jajaran Pemkab OKI.--

Pemkab OKI Fokus Cegah 3 Penyakit ini

OGAN KOMERING ILIR, SUMEKS.CO - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berkomitmen untuk mendukung tercapainya target eliminasi HIV/AIDS, TB, dan malaria pada 2030.   

Guna mendukung itu Pemkab OKI melakukan pertemuan lintas sektor untuk memperkuat komitmen dalam akselerasi pencegahan maupun untuk menanggulangi penyakit HIV/AIDS, tuberkulosis (TB) dan malaria.

Dikatakan Bupati OKI H Iskandar melalui melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Hj Nursulla SSos MSi untuk mencapai target eliminasi di tahun 2030 mendatang, pemkab meminta agar seluruh pihak memberi perhatian terhadap penyakit tersebut. 

"Sangat perlu adanya komitmen bersama dalam mendukung eliminasi HIV/AIDS, TB dan malaria ini," kata Nursula, Kamis 4 Mei 2023.

Dia menyebut, dalam hal ini perlu dukungan semua pihak karena Dinas Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri. Penyakit TB, butuh lingkungan yang perlu pembenahan. Baik soal bedah rumah, itu bukan kewenangan dinkes. Jadi perlu ada peran-peran dari OPD lain dalam rangka menuju eliminasi AIDS, TB dan malaria pada tahun 2030.

BACA JUGA:Sambut Pemudik, Pemkab OKI Siap Berikan Pelayanan Terbaik

"Terkait ini keberhasilan untuk mewujudkan percepatan eliminasi tersebut dengan terus melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKI, H Iwan Setiawan SKM MKes menjelaskan untuk percepatan guna pencapaian eleminasi maka artinya menurunkan kasus dengan jumlah serendah-rendahnya. 

"Jadi sangat perlu meramu formula pencegahan paling tepat yakni dengan menemptkan petugas perawat di setiap desa selain bidan desa untuk melakukan deteksi ini," ujarnya.

Masih kata Iwan, dalam hal ini akan ada 7 lokus kecamatan dan Puskesmas Kotaraya sebagai pilot project untuk sementara.

Untuk diketahui, tingginya kasus menunjukan membuat pihaknya tmmemiliki keseriusan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian, karena acuan kerjanya dengan menggunakan pola Temukan, Obati hingga sembuh. 

BACA JUGA:Pemkab OKI Ajak Perusahaan Perbaiki Jalan

"Semoga adanya pertemuan lintas sektor ini bisa semakin memperkuat komitmen dan sinergitas dalam pencegahan dan pengendalian hingga tercapai eliminasi di tahun 2030 mendatang," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: