SIAP-SIAP, Krisis Pangan Menghantui hingga Angka Inflasi Meroket Efek EL Nino 2023, Kemendag Pantau Harga

SIAP-SIAP, Krisis Pangan Menghantui hingga Angka Inflasi Meroket Efek EL Nino 2023, Kemendag Pantau Harga

Ilustrasi--

SIAP-SIAP, Krisis Pangan Menghantui hingga Angka Inflasi Meroket Efek EL Nino 202, Kemendag Pantau  Harga dan Stok

SUMEKS, CO - Efek EL Nino yang diprediksi mampir pada Agustus 2023 bakal menyebabkan kekeringan parah, suhu memanas dan karhutla di sejumlah wilayah di Indonesia.

El Nino mengakibatkan musim kemarau panjang, karena adanya anomali iklim di Indonesia, Sehingga berpotensi mengganggu produksi padi pada musim tanam kedua, dan mengubah pola tanam untuk musim tanam berikutnya.

BACA JUGA:Efek EL Nino Hampiri Indonesia, Kemarau 2023: Suhu Udara Mendidih, Kekeringan Melanda

Menko Luhut dalam postingan di akun Instagramnya menyebutkan jika, kekeringanan hebat dan kebakaran hutan dan lahan bakal pengaruh yang signifikan untuk pasokan dan distribusi kebutuhan pangan nasional.

Berkaca dari kejadian El Nino tahun 2015, sekitar 41 persen lahan padi mengalami kekeringan ekstrem di beberapa daerah Brebes.

Luhut mengatakan, melansir dari Data World Food Programme, akibat kekeringan itu, bahwa 3 dari 5 rumah tangga kehilangan pendapatan akibat kekeringan dan kebakaran hutan.

Dan 1 dari 5 rumah tangga harus mengurangi pengeluaran untuk makanan akibat kekeringan.

"Mari kita semua tetap waspada dan saling menjaga di masa masa sulit seperti ini, sehingga kerugian yang terjadi akibat peralihan cuaca bisa kita reduksi bersama demi kemaslahatan masyarakat Indonesia seluruhnya," tandas Luhut

Efek El Nino yang dahsyat, diantisipasi sejak dini oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) secara. Seperti dilansir dari akurat.co, Kemendag akan terus melakukan memantau setiap pergerakan harga kebutuhan pangan.

Termasuk stok, pasokan dan distribusi bahan pangan. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengantisipasi fenomena El Nino 2023 yang dahsyat. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, , Kementerian Perdagangan terus memantau stok dan harga kebutuhan pangan. 


Sawah.-pixabay.com-

BACA JUGA:WASPADA! BMKG Prediksi Suhu Panas Berlangsung Hingga Oktober, Ini Cara Menghindari Bahaya Sinar UV

Termasuk penyimpanan, pengiriman dan distribusi bahan makanan hingga ke masyarakat.  Kasan, Direktur Badan Kebijakan Bisnis Kementerian Perdagangan (BKPerdag) mengatakan  pasokan pangan bersumber dari Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan  Kementerian Perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: